Ornamen Header
7.329 Mahasiswa Baru Antusias Dengarkan Petuah Rektor UIN Bandung
7.329 Mahasiswa Baru Antusias Dengarkan Petuah Rektor UIN Bandung
Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung melantik sebanyak 7.329 mahasiswa baru angkatan 2020/2021. Foto/Arif Budianto
BANDUNG - Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung DjatiBandung melantik sebanyak 7.329 mahasiswa baru angkatan 2020/2021. Di hadapan mereka, Rektor UIN Mahmud menyebut, kampus tidak akan memberi jaminan kesuksesan. Tapi hanya sebagai jembatan meraih masa depan.

"Kami tidak memberi jaminan saudara sukses tetapi kami siap menjadi jembatan, wasilah saudara mencapai keberhasilan di kampus ini," kata Mahmud dalam siaran persnya, Kamis (24/9/2020). (Baca juga: DPR Kecewa, Dana Bos Madrasah Masih Dipotong Rp100-250 Ribu per Siswa)

Menurut dia, sebagus kampus Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki visi menjadi Universitas Islam Negeri yang unggul dan kompetitif berbasis wahyu memandu ilmu dalam bingkai akhlak karimah. Kampus di kawasan Cibiru ini, menargetkan menjadi kampus Islam unggul di Asia Tenggara 2025.

"Saat ini UIN Sunan Gunung Djati Bandung mempunyai 9 Fakultas dan 1 Pascasarjana dengan jumlah program studi/jurusan 60 prodi. Seluruhnya terakreditasi A dan B. Hanya ada 4 program studi/jurusan dalam status terakreditasi (Prodi Baru) dalam proses assessment lapangan," beber dia.



Sebagai sebuah distingsi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya berparadigma wahyu memandu ilmu dalam bingkai ahlak karimah. Distingsi inilah yang diarahkan agar sumber daya manusia UIN Sunan Gunung Djati Bandung mempunyai keunggulan yang kompetitif di tingkat Asia Tenggara pada 2025. (Baca juga: Komisi X DPR Tetapkan Anggaran Kemendikbud Tahun 2021 Rp81,5 T)

"Alhamdulillah, tahun 2020 ini kampus kita memperoleh pengakuan Internasional dari lembaga SCImago Institutions Rankings (SIR) sebagai Perguruan Tinggi Nomor Satu di Indonesia dalam kinerja riset dan nomor 53 di tingkat Asia serta sebagai Perguruan Tinggi Nomor Satu di PTKIN versi Webometrik," tandasnya.

Prestasi yang Perlu Disyukuri



Pada 2015 UIN Bandung memiliki 52 karya, hingga September 2020 ada 774 artikel terindex Scopus. Pada Tahun 2018 Kementerian Ristek Dikti RI memberikan anugerah Sinta Award Tahun 2018 kepada UIN Sunan Gunung Djati Bandung sebagai perguruan tinggi keagamaan paling produktif dalam publikasi Internasional di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) se-Indonesia.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!