Ornamen Header
Resmi Dilantik, IKA UNPAD Siapkan Empat Program Prioritas
Resmi Dilantik, IKA UNPAD Siapkan Empat Program Prioritas
Jajaran pengurus IKA UNPAD yang baru dilantik di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu, (17/10). Foto/SINDOnews/Yanto Kusdiantono
BANDUNG - Jajaran pengurus baru Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA UNPAD) periode 2020-2024 resmi dilantik di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (17/10). Kepengurusan baru ini pun langsung tancap gas dengan mengusung empat program prioritas yang disampaikan langsung Ketua IKA Unpad Irawati Hermawan.

Keempat program yang prioritas tersebut adalah pertama, Jabar Feeds Indonesia Center (JAFIC) yang merupakan program untuk mewujudkan Jabar sebagai hub kebutuhan pangan Indonesia. Kedua, Center for Macro-economic Statistics dan Public Policy Analysis Center yang berperan aktif dalam penyelesaian masalah bangsa, melalui sumbangan pemikiran dan gagasan-gagasan inovatif. (Baca juga: Mahasiswa Unpad Temukan Senyawa Ekstrak Kulit Manggis untuk Anti COVID-19)

Prioritas ketiga adalah Wakaf Qur’an dan Halal Center di mana IKA Unpad ingin berperan dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pusat halal dan wakaf Qur’an terbesar di dunia. Adapun prioritas keempat adalah Endowment Fund Center atau dana sumbangan untuk menunjang kiprah ikatan alumni dalam memajukan almamater, alumni, dan mahasiswa. Endowment Center ini akan memfasilitasi para alumni yang ingin berterimakasih kepada civitas academica maupun membantu program-program untuk memajukan alumni dan mahasiswa.

“Kepengurusan IKA UNPAD ini bersifat inklusif dengan memperhatikan keterlibatan perempuan dan rekan-rekan yang berkebutuhan khusus. Sehingga kepengurusan ini terbuka bagi para alumni,” kata Teh Ira, panggilan akrab Irawati, dalam siaran persnya Sabtu, (17/10/2020).



Dia menambahkan, dalam kepengurusan Ika Unpad pihaknya sangat terbuka bagi alumni yang ingin berkiprah. Dengan jumlah keanggotaan yang lebih dari 180.000 orang, dia berharap organisasi tersebut selain menjadi asset Jawa Barat yang juga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa. (Baca juga: Jadi Wisudawan Termuda ITS, Ini Perasaan Dimas Lulus di Usia 19 Tahun)

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sedang berada di Kuningan, Jawa Barat, menyambut pelantikan pengurus IKA UNPAD periode 2020-2024. Dalam sambutannya, Ridwal Kamil berharap kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Ikatan Alumni UNPAD dapat langsung bersinergi secepatnya. “Kami mengajak IKA UNPAD untuk membangun Jawa Barat yang menjadi tuan rumah UNPAD sebagai provinsi yang terdepan, terbaik, dan juara lahir batin,” katanya.

Ucapan selamat juga disampaikan Rektor Universitas Padjadjaran Prof Hj Rina Indriastuti, melalui aplikasi Zoom. Dia mengapresiasi kepengurusan baru ini dan berharap menjadikan semangat baru bagi UNPAD.



Rektor juga berharap agar pengurus alumni dapat bersinergi dalam penanganan COVID-19, menancapkan reputasi dan dua rekognisi akademik di tingkat internasional demi “Ngapungkeun UNPAD” (Menerbangkan Unpad) dan untuk memudahkan para alumni berkarier di tingkat nasional maupun internasional.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!