Bersanding dengan SMA, MAN Ini Borong 9 Medali di Kompetisi Nasional

Senin, 19 Oktober 2020 - 14:40 WIB
loading...
Bersanding dengan SMA, MAN Ini Borong 9 Medali di Kompetisi Nasional
MAN 2 Pekanbaru, Provinsi Riau, berhasil memboyong sembilan medali dari dua kejuaran tingkat nasional. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pekanbaru, Provinsi Riau, berhasil memboyong sembilan medali dari dua kejuaran tingkat nasional. Capaian ini membuktikan, kemampuan siswa-siswi madrasah tidak kalah dengan kemampuan sekolah umum.

Pertama, 5 medali berhasil diraih pada ajang Madrasah Olympiad Contest (MOC) edisi 2.0, terdiri dari dua emas, dua perak, dan satu perunggu. Kedua, empat medali diboyong dari Kompetisi Sains Nasional (KSN), terdiri dari satu emas, dua perak, dan satu perunggu. (Baca juga: MAN 2 Kota Malang Sabet Medali Terbanyak KSN Kemendikbud 2020 )

Kepala MAN 2 Pekanbaru Norerlinda menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang berhasil diraih anak didiknya. “Alhamdulillah kemarin siswa kami dapat meraih prestasi-prestasi tersebut. Mohon doanya, agar delegasi MAN 2 Pekanbaru selanjutnya dapat melaju ke olimpiade internasional,” tutur Norerlinda, Sabtu (17/10).

Ia menuturkan dua kejuaran nasional yang diikuti memiliki tantangan masing-masing. Dalam ajang MOC edisi 2.0, Norerlinda mengisahkan bahwa anak didiknya harus bersaing dengan sekitar 2.000 peserta yang berasal dari madrasah dari seluruh Indonesia. Sedangkan untuk ajang KSN, delegasi MAN 2 Pekanbaru harus bersaing dengan 898 peserta yang berasal dari SMA/MA se-Indonesia.

Apresiasi juga disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Riau Mahyudin.“Terimakasih kepada jajaran MAN 2 Pekanbaru dan madrasah lain yang ada di Riau, yang selama ini sudah berusaha keras dalam memberikan pembelajaran bagi anak-anak didik walau Pandemi COVID-19 belum juga mereda. Semoga prestasi yang telah diraih dapat ditingkatkan di masa mendatang,” kata Mahyudin. (Baca juga: Alhamdulillah, Rp890 Miliar Kenaikan Dana BOS Madrasah dan Pesantren Cair )

Sementara, Kepala Bidang Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Riau menyampaikan untuk ajang KSN, Provinsi Riau memperoleh posisi ke-6 tingkat nasional setelah Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Sedangkan untuk ajang MOC edisi 2.0, Provinsi Riau berhasil memboyong 16 Medali, terdiri dari dua emas, empat perak, dan 10 perunggu.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)