Perdana, Unpad Masuk Peringkat THE World University Rankings Dunia

Kamis, 29 Oktober 2020 - 10:51 WIB
loading...
Perdana, Unpad Masuk Peringkat THE World University Rankings Dunia
Universitas Padjajaran Bandung. Foto/Dok/Humas Unpad
A A A
BANDUNG - Universitas Padjadjaran masuk ke dalam pemeringkatan Times Higher Education atau THE World University Rankings by Subject 2021. Pemeringkatan ini merupakan kali pertama Unpad masuk ke dalam rangking tersebut.

Dalam siaran persnya, pemeringkatan THE World University Rankings by Subject menilai secara spesifik bidang keilmuan yang ada di perguruan tinggi. Ada 11 klasterisasi bidang ilmu yang dilakukan penilaian oleh THE WUR by Subject.

Tahun ini, lima bidang ilmu di Unpad berhasil masuk ke dalam pemeringkatan. Lima bidang ilmu tersebut antara lain Business and Economics (peringkat 601+), Cilnical, Pre-clinical, and Health (peringkat 601+), Engineering and Technology (peringkat 801-1000), Life Sciences (peringkat 801+), serta Social Sciences (peringkat 601+). (Baca juga: Tingkatkan Mutu Pengabdian, UIN Bandung Latih 110 Dosen )

Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti mengatakan, pemeringkatan THE World University Rankings by Subject sangat penting untuk menilai apakah suatu perguruan tinggi dapat dikategorikan sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia. Kelima bidang ilmu yang berhasil masuk pemeringkatan THE World University Rankings by Subject ini mencatat peningkatan kinerja akademik dan kolaborasi dengan pihak internasional.

“Artinya, kelima bidang ilmu di Unpad setelah dinilai menggunakan indikator pemeringkatan THE WUR by Subject terkategorikan sebagai bidang ilmu yang mampu menunjukan kinerja akademik relatif baik dan diperhitungkan di antara perguruan tinggi dunia,” kata Rektor. (Baca juga: Inspiratif, Mahasiswa UGM Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2020 )

Dia menilai, kriteria peningkatan kinerja dalam bidang ilmu tersebut antara lain perbaikan ekosistem dan kualitas pembelajaran. Meningkatnya riset dan publikasi, meningkatnya sitasi, meningkatnya keterlibatan dosen, peneliti dan mahasiswa asing di Unpad, serta meningkatnya kolaborasi dengan industri.

“Kesamaan gerak dan sinergi kuat antara pengelola di tingkat universitas dan fakultas dalam mendorong internasionalisasi Unpad merupakan faktor penting,” kata dia.

Faktor penting lainnya adalah meningkatnya partisipasi guru besar dan dosen dalam menjalin mitra kerja dengan perguruan tinggi dan Lembaga internasional. (Baca juga: Juarai Asia Pasifik, ITB Melaju ke Final Huawei ICT Competition Tingkat Dunia )

Penguatan kinerja akademik tentunya tidak hanya didorong pada lima bidang ilmu saja. Sejak pertengahan 2020, peraihan peningkatan reputasi akademik per bidang ilmu di Unpad telah diakselerasi melalui program “Pradja Brata”.

Melalui program ini, Unpad berkomitmen memberikan penghargaan untuk bidang ilmu atau fakultas yang mampu meningkatkan kinerja akademik dengan indikator pemeringkatan bertandar pemeringkatan perguruan tinggi dunia.

Selain itu, beragam program kerja terkait akselerasi internasionalisasinya Unpad juga menjadi prioritas. “Kita memiliki ekspektasi bahwa Unpad akan menguat peringkatnya dalam perangkingan WUR apakah QS WUR maupun THE WUR baik untuk universitas maupun bidang ilmu,” ujar Rektor.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)