UB Ranking 801+ Terbaik Dunia versi THE Bidang Computer Sciences

Jum'at, 06 November 2020 - 17:42 WIB
loading...
UB Ranking 801+ Terbaik Dunia versi THE Bidang Computer Sciences
Universitas Brawijaya tercatat berada di rangking 801+ terbaik dunia versi THE untuk bidang Computer Science. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga pemeringkatan dunia Times Higher Education (THE) merilis kembali universitas terbaik dunia berdasar bidang studi (by subject). Dari hasil tersebut Universitas Brawijaya tercatat berada di rangking 801+ terbaik dunia versi THE untuk bidang Computer Science.

THE menilai 827 universitas di dunia yang memiliki subject Computer Sciences. THE melakukan pemeringkatan berdasarkan 5 indikator, yaitu: Citation, Industry Income, International Outlook, Research dan Teaching. Di Indonesia ada 5 universitas yang lolos pemeringkatan by subject Computer Sciences, yaitu ITB, UI, ITS, Universitas Telkom, dan UB. (Baca juga: 3 Bidang Ilmu di UI Raih Predikat Terbaik di Indonesia oleh THE )

Nilai UB untuk indikator Citation adalah 12,4; Industry Income 45,2; International Outlook 17,8; Research 9,9 dan Teaching 10,5. Total nilai yang diraih UB untuk bidang Computer Sciences adalah 11,7 – 15.0.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) Universitas Brawijaya Wayan Firdaus Mahmudy mengatakan, prestasi ini cukup membanggakan karena untuk pertama kalinya masuk 801+ terbaik dunia versi THE. Padahal, ungkapnya, Filkom UB merupakan fakultas yang relatif baru dan merupakan fakultas termuda di lingkungan UB.

“Ini merupakan kado terindah bagi Filkom yang pada 27 Oktober 2020 lalu merayakan dies natalis ke-9. Hal ini juga menjadi pemicu bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh seluruh sivitas akademika Filkom,” katanya seperti dikutip dari laman resmi UB di ub.ac.id, Jumat (6/11). (Baca juga: Cari Beasiswa, Kunjungi UI CSE Virtual Expo )

Wayan menerangkan, berbagai upaya dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Misalnya saat ini tengah dibangun Gedung Kreatifitas Mahasiswa Filkom. Dia menjelaskan, gedung 5 lantai ini direncanakan selesai pada tahun 2021 dan memuat ruang-ruang sekretariat unit aktifitas kemahasiswaan, co-working space bernuansa modern untuk membiasakan mahasiswa bekerja di era digital.

Selain itu, juga ada ruang inkubator bisnis untuk start-up yang dibangun mahasiswa. Desain gedung 7 lantai yang dinamakan Gedung Riset dan Inovasi Filkom juga telah selesai dibuat. Dia menjelaskan, gedung ini direncanakan selesai pada tahun 2023 dan digunakan oleh berbagai laboratorium riset di Filkom untuk menunjang penelitian dosen maupun mahasiswa dengan dukungan teknologi terbaru.

Saat ini UB memiliki Filkom yang berdiri pada tahun 2011. Filkom UB mengelola 6 Program Studi (PS), yaitu: PS Teknik Informatika, PS Teknik Komputer, PS Sistem Informasi, PS Teknologi Informasi, PS Pendidikan Teknologi Informasi dan PS Magister Ilmu Komputer. (Baca juga: Kampus Merdeka Siapkan Mahasiswa untuk Hadapi Tantangan Global )

PS Sistem Informasi dan PS Pendidikan Teknologi Informasi telah memperoleh akreditasi A dari BAN PT. PS yang sudah terakreditasi A ini sedang mempersiapkan diri untuk memperoleh sertifikasi dan akreditasi internasional. PS yang lain sudah terakreditasi B dan sedang mempersiapkan diri untuk proses reakreditasi pada tahun 2021 dan 2022 dengan target predikat unggul (nilai A).

Dosen-dosen Filkom UB aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah internasional dan 4 orang diantaranya telah masuk dalam daftar Top 500 Authors Indonesia Versi Science and Technology Index (SINTA). Mahasiswa-mahasiswa Filkom juga telah meraih beberapa penghargaan kompetisi ilmiah baik dalam skala nasional maupun internasional. Kerjasama dengan industri juga telah dijalin dan ditingkatkan untuk meningkatkan kompetensi dosen dan mahasiswa Filkom serta menunjang kegiatan merdeka belajar.

Diambil dari laman timeshighereducation.com edisi Rabu (28/10), THE mengumumkan 11 bidang studi (subject) PT terbaik dunia. Di Indonesia ada di delapan universitas terbaik versi THE WUR 2021 By Subject, yaitu UI, UB, UGM, ITB, IPB, UNPAD, UNDIP. Tujuh subject di UB yang masuk top dunia, antara lain: Business and Economics (Rangking 601+), Clinical adn Health (601+), Social Sciences (601+), Computer Science (801+), Life Sciences (801+), Physical Sciences (1001+), dan Engineering (1001+).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3038 seconds (0.1#10.140)