Ornamen Header
Cari Beasiswa, Kunjungi UI CSE Virtual Expo
Cari Beasiswa, Kunjungi UI CSE Virtual Expo
Universitas Indonesia menggelar UI Career, Scholarship & Entrepreneurship (CSE) Virtual Expo 2020 yang dilaksanakan secara daring. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Universitas Indonesia menggelar UI Career, Scholarship & Entrepreneurship (CSE) Virtual Expo 2020 yang dilaksanakan secara daring. Dalam pameran ini ada 13 lembaga/universitas pemberi beasiswa dalam maupun luar negeri.

UI CSE Virtual Expo 2020 digelar Direktorat Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA UI) melalui Career Development Center (CDC UI). Pameran dan seminar virtual yang menyajikan berbagai peluang kerja, beasiswa, dan wirausaha. (Baca juga: Kurang Sosialisasi, Mendikbud: Kurikulum Darurat Ringankan Beban Guru-Anak )

Kegiatan yang bernama UI Career, Scholarship & Entrepreneurship (CSE) Virtual Expo 2020 berlangsung selama empat hari, mulai dari 4 – 7 November 2020. Diproyeksikan sebanyak 100.000 mahasiswa fresh graduates UI dan umum hadir berpartisipasi.

UI CSE 2020 telah diselenggarakan 15 tahun berturut-turut. Kali ini merupakan penyelenggaraan yang ke-30 kalinya, dan untuk pertama kalinya dilakukan secara daring. Pada expo kali ini tercatat 85 peserta dari 23 perusahaan nasional dan multinasional yang membuka program rekrutmen, 13 lembaga/universitas pemberi beasiswa dalam maupun luar negeri, 22 kewirausahaan start-up yang menginspirasi, 27 media partner pendukung dan 4 mitra perguruan tinggi.

Sekretaris UI Agustin Kusumayati membuka kegiatan UI Career, Scholarship & Entrepreneurship (CSE) Virtual Expo 2020 yang dilaksanakan secara daring pada Rabu (4/11). (Baca juga: Merdeka Belajar Dorong Perubahan Paradigma Perguruan Tinggi )



Turut hadir secara virtual, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam mengapresiasi kreativitas UI untuk mempertemukan talenta perguruan tinggi dengan dunia kerja melalui pameran kerja virtual. "Kami ucapkan selamat bagi UI karena di tengah situasi pandemi COVID-19 kreativitas tak berhenti dan tetap berkarya dan produktif," katanya melalui siaran pers, Kamis (5/11).

Guru besar Universitas Gajah Mada ini menjelaskan, pandemi ini menuntut perguruan tinggi harus bertansformasi. Mulai dari kegiatan pembelajaran dari luring ke daring, hingga dalam waktu singkat, perguruan tinggi juga mampu menjadi inovator untuk menjawab permasalahan di masa pandemi. Selain itu, perguruan tinggi harus melakukan lompatan atau leapfrog guna mendukung pemerintah membangun Indonesia.

"Kami juga mendukung upaya UI Career, Scholar & Entrepreneurship Expo untuk menyajikan peluang kewirausahaan yang dapat memotivasi generasi muda untuk menciptakan lapangan kerja baru. Mari generasi muda terus mengembangkan diri dan berinovasi memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk Indonesia yang maju," katanya. (Baca juga: UI, PTN Terbaik di Indonesia versi U.S News & World Report )

Sekretaris Universitas Indonesia Agustin, dalam sambutannya mengatakan, pandemi COVID-19 memberikan peluang UI untuk berinovasi dan berkolaborasi. Pameran ini pun turut menggandeng sejumlah universitas mitra di dalam penyelenggaraan UI CSE Virtual Expo 2020. Yaitu Universitas Esa Unggul di Jakarta, Universitas Hasanuddin di Makassar, Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung, dan Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh.

"Kolaborasi ini merupakan sebuah paradigma baru untuk Perguruan Tinggi bisa bersama-sama maju dan saling melengkapi dengan potensi dan kelebihan yang ada pada perguruan tinggi masing-masing. Hal ini juga membuktikan bahwa pandemi merupakan tantangan sekaligus peluang untuk dapat berbuat lebih besar dan bermanfaat," ujarnya.



Dia juga berharap, melalui kegiatan UI CSE virtual expo ini para mahasiswa dan lulusan dapat menjadi pribadi kuat yang memajukan diri mereka secara mandiri dengan segala macam potensi yang ada pada diri. Untuk menghadapi tantangan-tantangan baru yang akan dihadapi di kehidupan pascadunia kampus, serta berkontribusi sesuai bidang keahliannya masing-masing.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan pada kegiatan pembukaan UI CSE Virtual Expo 2020, Kepala CDC UI sekaligus Ketua UI CSE Virtual Expo 2020 Sandra Fikawati mengatakan, “Kami bangga bahwa pada masa pandemi ini kami tetap dapat menyelenggarakan kegiatan jobfair. Walaupun dilaksanakan secara virtual, namun banyak perusahaan dan lembaga yang ikut serta berpartisipasi," jelasnya.

Dia menerangkan, UI bertekad untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM di Indonesia. Saat ini, pihaknyah juga mengajak mitra perguruan tinggi lain untuk berafiliasi menyelenggarakan kegiatan ekspo ini agar berbagai informasi lowongan kerja, beasiswa dan kewirausahaan dapat sebanyak-banyak tersosialisasi dan dimanfaatkan oleh lulusan perguruan tinggi di Indonesia.

CDC UI selaku pelaksana acara telah membuktikan diri sebagai pioner, kreator dan inovator kegiatan yang meneliti dan menjembatani hubungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja. UI CSE Virtual Expo 2020 terselenggara berkat sinergi CDC UI dengan ILUNI UI dan Klob.id. Selain itu, CDC UI juga didukung oleh Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP UI) dan Kantor Urusan Internasional UI (KUI) untuk menawarkan kesempatan melanjutkan peluang studi dan berwirausaha.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!