Mendikbud: Hak untuk Guru akan Terus Diperjuangkan

Kamis, 26 November 2020 - 20:47 WIB
loading...
Mendikbud: Hak untuk Guru akan Terus Diperjuangkan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan Kemendikbud akan terus memperjuangkan hak bagi para guru, terutama Honorer , melalui berbagai kebijakan.

Mendikbud mengatakan, Kemendikbud dari awal berkomitmen dan bersungguh-sungguh untuk terus memperjuangkan hak-hak para pendidik. "Melalui kebijakan rekrutmen guru ASN, pengembangan pendidikan, peningkatan profesionalisme, peningkatan kesejahteraan guru," katanya pada pidato peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2020 dari kantor Kemendikbud yang disiarkan langsung melalui Youtube, Rabu (25/11). (Baca juga: Hari Guru Nasional, Mendikbud Apresiasi Perjuangan Guru di Tengah Pandemi )

Alumnus Harvard Business School ini menjelaskan, berbagai kebijakan dan program yang dibuat selama masa pandemi ini seperti bantuan kuota data dan internet, fleksibilitas penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), pengalokasian BOS afirmasi dan bagi sekolah negeri dan swasta yang paling terdampak pandemi hingga bantuan subsidi upah untuk guru dan tenaga kependidikan non PNS.

Selain itu, lanjutnya, Kemendikbud juga sudah membuat kurikulum darurat, program Guru Belajar, laman Guru Berbagi, program Belajar dari Rumah TVRI hingga seri webinar masa pandemi. "Semua kebijakan dan program ini tidak lain dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dan orangtua agar mampu melanjutkan pembelajaran untuk anak-anak Indonesia," ujarnya.

Dia menerangkan, berbagai upaya juga akan ditempuh untuk menempatkan guru pada posisi sebagai profesi yang mulia dan terhormat. Dia melanjutkan, pada 2021 pemerintah berkomitmen untuk memperjuangkan guru-guru honorer melalui seleksi demokratis menjadi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) dengan kuota cukup besar yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah. (Baca juga: Ini Apresiasi Kemendikbud untuk Guru Inovatif dan Inspiratif )

Mendikbud pun meminta doa dari para guru agar langkah untuk memperjuangkan hak para pendidik dapat berjalan baik dan lancar. Menutup pidatonya, dia berterima kasih kepada para guru yang telah mengorbankan waktu, tenaga dan bagian dari hidupnya sendiri demi para murid.

"Terima kasih telah menjadi pelukis masa depan dan peradaban Indonesia. Selamat Hari Guru Nasional 2020. Teruslah bangkitkan semangat dan bersatu untuk anak-anak Indonesia," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)