Ornamen Header
UGM Kembali Juara Umum Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasiona 2020
UGM Kembali Juara Umum Ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasiona 2020
Rektor UGM Prof Panut Mulyono menerima piala bergilir juara umum Pimnas ke 33 saat malam Penutupan dan penganugerahan Pimnas ke-33 di GSP UGM, Sabtu (28/11). Foto/Dok/Humas UGM
YOGYAKARTA - Tim program kreativitas mahasiswa (PKM) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ditetapkan sebagai juara umum ajang pekan ilmiah mahasiswa nasiona l (pimnas) ke 33 tahun 2020 di UGM, 26-28 November 2020. Tim PKM UGM menjadi juara umum setelah mengumpulkan juara terbayak dalam kegiatan tersebut. Yaitu 56 Medali. Terdiri dari 20 medali emas, 15 medali perak dan 21 medali perunggu.

Dengan capaian ini, maka tim PKM UGM berhasil mempertahankan juara umum dua kali berturut-turut, seperti yang diraih pada Pimnas ke 31 tahun 2018 di Universtas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Pimnas ke 32 tahun 2019 di Universitas Udayana, Denpasar. Sehingga UGM berhak menerima kembali piala bergilir Adhikarta Kertawidya. (Baca juga: UGM Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia versi QS Asia University 2021 )

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, dan Direktur Penjaminan Mutu Belmawa Dikti, Prof. Aris Djunaidi menyerahkan piala tersebut dan diterima oleh Rektor UGM Prof. Panut Mulyono pada malam Penutupan dan penganugerahan Pimnas ke-33 secara luring di GSP UGM yang disiarkan secara daring melalui kanal Youtube Universitas Gadjah Mada pada Sabtu (28/11/2020) malam.

Pimnas merupakan kompetisi mahasiswa nasional tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai ajag penanaman jiwa nasionalisme mahasiswa. Dari kegatan ini diharapkan menjadi cikal bakal invensi dan inovasi dari kalangan mahasiswa dan nantinya dapat dikembangkan menuju produk skala industri.



Pimnas ke 33 tahun 2020 dikuti sebanyak 625 judul karya ilmiah dari 101 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. UGM sendiri meloloskan 82 tim PKM. Meliputi 28 tim PKM Penelitian Eksakta, 10 tim Penelitian Sosial Humaniora, 9 tim PKM Karsa Cipta, serta 8 tim PKM Kewirausahaan. Berikutnya, 6 tim PKM Pengabdian Masyarakat, 6 tim PKM Teknologi, 11 tim PKM Gagasan Tulis dan 4 tim PKM Gagasan Futuristik Konstruktif. (Baca juga: Ingin Sukses di Pekerjaan, Calon Mahasiswa Disarankan Pilih Jurusan Sesuai Passion )

Ketua Dewan Juri Pimnas ke-33, Indwiyani Astuti, mengatakan Pimnas tahun ini memperebutkan total penghargaan atau medali sebanyak 186 penghargaan. Hal itu dibagi ke dalam dua kategori, yakni poster dan presentasi. Namun, gelar juara umum, utamanya diraih bagi perwakilan universitas yang memperoleh jumlah medali emas terbanyak dalam kategori presentasi.

Kabag Humas dan Protokol UGM Iva Ariani menambahkan, 56 medali yang diraih tim PKM UGM itu dengan rincian 12 medali emas kategori presentasi dan 8 emas emas kategori poster, 10 medali perak kategori presentasi dan 5 medali perak kategori poster serta 12 medali perunggu kategori presentasi dan 9 medali perunggu kategori poster



Sementara, Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya mengatakan Pimnas merupakan wahana potensi serta kreativitas mahasiswa agar semakin relevan dengan perkembangan zaman yang selaras dengan program Kampus Merdeka. Yakni program yang mengkolaborasikan perguruan tinggi dan dunia kerja dengan memberikan keleluasaan yang terarah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi pengalaman dan pengetahuan dari luar kampus. (Baca juga: Ingin Masuk PTN Terbaik, Ini 6 Kunci Sukses yang Wajib Diketahui Para Siswa )

“Sudah waktunya kita menghadirkan karya yang membantu Indonesia melakukan lompatan kemajuan. Asalkan banyak coba, tanya, dan karya dari yang sederhana, kita akan mampu menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Untuk itu, saya mengapresiasi adanya usaha kreatif dan inovatif yang diusung melalui kegiatan ini. Selamat kepada seluruh teman-teman mahasiswa peserta Pimnas ke-33. Teruslah berkarya dan menginspirasi,” jelas Nadiem.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!