Ornamen Header
Ingin Sukses di Pekerjaan, Calon Mahasiswa Disarankan Pilih Jurusan Sesuai Passion
Ingin Sukses di Pekerjaan, Calon Mahasiswa Disarankan Pilih Jurusan Sesuai Passion
Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI), Arif Satria. Foto/Dok/Humas IPB University
JAKARTA - Para calon mahasiswa disarankan untuk memilih jurusan atau bidang kuliah sesuai passion masing-masing. Pasalnya, mencintai apa yang dikerjakan menjadi salah satu faktor sukses dalam pekerjaan.

Ketua Forum Rektor Indonesia Prof Arif Satria membeberkan sepuluh faktor sukses dalam pekerjaan. Yakni, kejujuran, kedisiplinan, good interpersonal skill, dukungan dari pasangan hidup, bekerja lebih keras dari yang lain. Kemudian, mencintai apa yang dikerjakan, kepemimpinan yang baik dan kuat, semangat dan berkepribadian kompetitif, pengelolaan kehidupan yang baik serta kemampuan menjual gagasan dan produk. (Baca juga: Ingin Masuk PTN Terbaik, Ini 6 Kunci Sukses yang Wajib Diketahui Para Siswa )

"Kalau saya pribadi boleh menyarankan yang sesuai dengan passion atau minat anda. Memilih bidang itu bukan memilih bidang yang karena persepsi publik, karena persepsi orang, memilih bidang yang sesuai dengan passion anda, sesuai dengan cinta anda pada bidang itu, karena itu lah yang membuat kita sukses," ujar Arif dalam seminar daring bertajuk Kiat Sukses Masuk PT Pilihan dan Pengumuman Peringkat Sekolah berdasarkan Nilai UTBK 2020 yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Sabtu (28/11/2020).

Dia mengatakan, memilih bidang kuliah tertentu yang luar biasa tidak menjamin membuat seseorang menjadi sukses. "Semua tergantung pada sejauh mana passion kita pada bidang itu, oleh karena itu tentu saya berharap bahwa nanti pilihan-pilihan siswa semua dalam SBMPTN 2021 adalah pilihan-pilihan yang sesuai dengan passion, sesuai dengan bidang," ujarnya.



Sehingga, kata dia, yang paling penting bagi para calon mahasiswa saat ini adalah menimbang-nimbang pilihan-pilihan mana yang tepat. "Nah pilihan mana yang tepat adalah kalau melihat faktor sukses itu pilihlah perguruan tinggi yang memiliki platform ke arah bagaimana memanage perubahan, bagaimana menyiapkan perubahan," imbuhnya. (Baca juga: Kreatif, 2.184 Wisudawan Telkom University Kenakan Budaya Nusantara )

Dia membeberkan saat ini ada 122 perguruan tinggi negeri dan 3171 perguruan tinggi swasta di Indonesia. "Semua perguruan tinggi saat ini berlomba-lomba menyiapkan perangkat-perangkat untuk membangun kepribadian, keunggulan, kompetensi skill, integritas dari mahasiswa-mahasiswa," pungkasnya.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!