Hingga 2020, Penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi Capai 4.915 Santri

Jum'at, 04 Desember 2020 - 08:24 WIB
loading...
Hingga 2020, Penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi Capai 4.915 Santri
Ratusan santri mendengarkan tausiyah kiai di Ponpes Nurul Hidayah Al-Khodijiyyah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ahmad Fahrur Rozi tak dapat menyembunyikan kegembiraannya saat bertemu dengan Menteri Agama Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. “Alhamdulillah Pak Menteri, kami amat bergembira bisa diterima Bapak Menteri hari ini,” ungkap Fahrur Rozi, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag, Rabu (3/12/2020).

“Kami tidak menyangka sebagai santri memperoleh kesempatan yang berharga ini. Dan kebetulan nama saya hampir sama dengan nama Bapak,”imbuhnya disambut gelak Menag Fachrul Razi. (Baca juga: Kemenag Kukuhkan Pengurus Forum Pendidikan Madrasah Inklusif )

Ahmad Fahrur Rozi merupakan salah satu dari ribuan santri penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Kementerian Agama. Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ini merupakan santri dari Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep.

“Program PBSB ini sangat membantu kami para santri untuk memperoleh kesempatan memiliki pendidikan tinggi yang berkualitas. Semoga ke depan semakin banyak santri yang beruntung seperti kami melalui PBSB,” harap Ketua Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMORA) ini.

Kepada Menag, Fahrur menyampaikan bahwa CSSMORA ini merupakan organisasi bagi para mahasantri penerima PBSB yang terbentuk sejak 2007. “Banyak aksi sosial yang telah kami lakukan melalui organisasi ini. Salah satunya membangun karakter santri moderat serta berwawasan Islam dan Iptek,” tutur Fahrur. (Baca juga: British Council Luncurkan Beasiswa Pascasarjana GREAT Scholarships )

Ia pun mengungkapkan beberapa program CSSMORA. “Paling baru kami memiliki program 20 ribu Santri Berbagi. Ini merupakan salah satu program kami untuk membantu masyarakat di tengah pandemi covid-19 yang datang mengejutkan ini,” tutur Fahrur.

“Melalui program ini, kami mengajak teman-teman PBSB untuk menyisihkan 20 ribu rupiah dari living cost yang mereka miliki untuk berbagi dengan masyarakat yang kurang beruntung,” ungkap Fahrur.

Fahrur datang menemui Menag bersama dengan empat orang pengurus lainnya. Mereka adalah Abid Khofif Amri Shidqi mahasiswa Teknologi Pendidikan UPI Bandung, Abdulloh Azzahid mahasiwa Tasawuf Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati, Delvi Ramadayani mahasiswi Kedokteran Hewan UGM, dan Satria mahasiswa Tasawuf Psikoterapi UIN Sunan Gunung Djati. (Baca juga: Gandeng Kemendikbud, Hongaria Buka Program Beasiswa S1,S2 dan S3 )

Pengurus CSSMORA dalam kesempatan tersebut menyampaikan undangan kepada Menag untuk dapat menghadiri peringatan Hari Lahir CSSMORA yang akan digelar secara virtual pada 12 Desember 2020. “Kami berharap Pa Menteri dapat hadir menyapa mahasantri serta alumni penerima PBSB ini,” imbuh Fahrur.

Menag menyambut baik undangan CSSMORA tersebut. “Insya Allah Saya akan siapkan waktunya. Saya kebetulan pada tanggal itu sedang ada kunjungan kerja di Aceh, tapi gak masalah, karena lewat sambungan zoom,bisa tetap hadir,” kata Menag.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)