Melalui KIBM, Kemendikbud Optimalkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa

Jum'at, 04 Desember 2020 - 23:23 WIB
loading...
Melalui KIBM, Kemendikbud Optimalkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa
Kemendikbud menyelenggarakan KIBM untuk mengembangkan dan menumbukan jiwa kemampuan berwirausaha mahasiswa Indonesia. Foto/Dok/Humas Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Kemendikbud menyelenggarakan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) untuk mengembangkan dan menumbukan jiwa kemampuan berwirausaha mahasiswa Indonesia.

Melalui program ini, Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto berharap, mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi nasional. Kegiatan yang juga program Kampus Merdeka inilah yang juga akan menciptakan calon pemimpin bangsa. (Baca juga: LTMPT Umumkan Daftar Sekolah Terbaik dari Nilai UTBK 2020 )

“Tentunya merupakan kebanggaan bagi seluruh peserta yang telah menciptakan inovasi di bidang kewirausahaan dan terus mengembangkan kemampuan wirausaha mahasiswa di Inodnesia agar mampu bersaing sampai ke level global dengan mengoptimalkan potensi lokal dan potensi nasional,” katanya melalui siaran pers, Jumat (4/12).

Mantan dekan vokasi UGM ini mengatakan, para mahasiswa dengan jiwa kewirausahaan inilah yang akan menjadi pilar dan pemimpin masa depan. Menurutnya, menjadi sebuah kebangaan yang luar biasa bagi mahasiswa jika bias menciptakan pekerjaan yang baik.

Di samping itu, Wikan berharap para peserta KIBM 2020 ini mampu menciptakan ide-ide bisnis yang mampu mengundang investastor yang besar dari dalam dan luar negeri. (Baca juga: Ingin Masuk PTN Terbaik, Ini 6 Kunci Sukses yang Wajib Diketahui Para Siswa )

“Sebenarnya para investor itu menunggu ide-ide yang fresh dan futuristik. Dana itu besar. Saya pastikan dana yang terparikr dari investor-investor itu sangat besar dan mereka kalau sudah percaya kepada sebuah ide dan pemilik ide itu, mereka akan jauh lebih confident untuk mengalirkan dana mereka pada start up seperit ini,” imbuhnya.

Peningkatan inovasi, peningkatan pendapatan serta Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) adalah satu keniscayaan dan keharusan bahkan bagi genarasi muda Indonesia agar pola pikir mahasiswa Indonesia tidak hanya belajar untuk sekadar mengejar ijazah.

“Kita membutuhkan anak-anak muda yang memiliki mindset menjadi pemimpin dunia masa depan melalui kreatifitas, produktivitas, inovasi, penciptaan produk yang akan mejadi produk-produk bisnis adik-adik semua. Ini lah yang akan menjadikan bangsa Indonesua menjadi bangsa yang besar,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3853 seconds (0.1#10.140)