Komitmen Jadi Kampus Berwawasan Konservasi, UNNES Peringkat 6 UI GreenMetric

Kamis, 10 Desember 2020 - 21:34 WIB
loading...
Komitmen Jadi Kampus Berwawasan Konservasi, UNNES Peringkat 6 UI GreenMetric
Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman. Foto/Dok/Humas Unnes
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Semarang (UNNES) menduduki peringkat 6 Nasional sebagai kampus berkelanjutan versi UI GreenMetric World University Rankings 2020 .

Rektor UNNES Prof Fathur Rokhman menyampaikan, diraihnya peringkat 6 UI Green Metric didapatkan karena komitmen dan konsistensi UNNES dalam mengembangkan konservasi pada tiga pilar, nilai dan karakter, seni dan budaya serta sumberdaya alam dan lingkungan. (Baca juga: Mahasiswa UI Rancang Basis Data Genetik Nasional untuk Identifikasi Manusia )

Sebelumnya di tahun 2019 UNNES peringkat 6 Nasional dan peringkat ke-71 dunia sebagai kampus berkelanjutan versi UI GreenMetric World University Rankings.

Prof Fathur Rokhman meyampaikan, UNNES mampu bersaing di tingkat dunia karena memiliki keunggulan dalam kehijauannya serta terus berkembang dalam kategori lain.

“Kita bersyukur dan bangga atas prestasi ini. Pemeringkatan ini bukan hanya persoalan ranking, tetapi merupakan komitmen UNNES sebagai Universitas Berwawasan Konservasi dan Bereputasi Internasional,” katanya seperti dikutip dari laman resmi UNNES, Kamis (10/12). (Baca juga: Mahasiswa Baru, Anak Pengepul Gula Merah ini Langsung Sabet 2 Prestasi )

Lebih lanjut, Fathur menyampaikan dengan hasil yang ada saat ini UNNES akan terus berbenah untuk menjadi yang terbaik.

“Selain penghijauan yang sudah kita lakukan saat ini kita juga akan berbenah pada sarana transpotasi kampus, pengelolaan limbah dan sampah, dan pendidikan karakter mahasiswa,” pungkasnya.

Sebelumnya, UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Kini, UI GreenMetric of World Universities semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara. Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara.

Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Penilaian UI GreenMetric 2020 dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)