Kemendikbud Kenalkan Beasiswa ADik, Ini Prioritasnya

Jum'at, 11 Desember 2020 - 16:54 WIB
loading...
Kemendikbud Kenalkan Beasiswa ADik, Ini Prioritasnya
Kemendikbud melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) menyalurkan beragam beasiswa. Salah satunya beasiswa ADik. Foto/Dok/Humas Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Kemendikbud melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) menyalurkan beragam beasiswa . Salah satunya beasiswa ADik. Simak seperti apa penjelasan skema beasiswa ini.

Dikutip dari instagram resmi Puslapdik di puslapdik_dikbud, beasiswa ADik adalah singkatan dari Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi. Beasiswa ini adalah salah satu intervensi kebijakan pendidikan yang bersifat afirmasi dalam bentuk bantuan pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa. (Baca juga: Siswa SDN Asal Bandung yang Berprofesi Pemulung Ini Akhirnya Dapat KIP )

Bantuan ini diberikan Kemendikbud kepada mahasiswa karena kondisi dan keberadaannya sehingga mengalami kesulitan dan keterjangkauan akses pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi.

Skema bantuan beasiswa ADik pada tahun 2020 terdiri atas ADik 3T yakni beasiswa bagi putra daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), lalu ADik Papua dan Papua Barat yakni beasiswa yang disalurkan kepada putra daerah Papua dan Papua Barat. Serta ketiga ADik Adem dan TKI yakni beasiswa bagi putra daerah Papua yang telah mengikuti program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dan beasiswa untuk anak TKI.

Program untuk membangun bangsa melalui perluasan akses pendidikan tinggi ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama, pembebasan biaya kuliah atau pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi. Selain itu juga diberikan bantuan biaya hidup per bulannya. Selanjutnya, bagi penerima KIP Kuliah Afirmasi 3T, Papua dan Papua Barat dan anak TKI mendapat bantuan biaya transportasi keberangkatan dari bandara/terminal/pelabuhan asal ke perguruan tinggi. (Baca juga: IPB University Himpun Dana Beasiswa dari Donatur Sebesar Rp102,5 Miliar )

Bagi masyarakat yang menginginkan informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini maka bisa mengakses informasinya ke https://adik.kemdikbud.go.id/
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1776 seconds (0.1#10.140)