UI Bantu Tenaga Kesehatan dan Masyarakat Tanggulangi Covid-19 Melalui ‘Edurisk’

Rabu, 16 Desember 2020 - 22:12 WIB
loading...
UI Bantu Tenaga Kesehatan dan Masyarakat Tanggulangi Covid-19 Melalui ‘Edurisk’
UI membantu tenaga Kesehatan dan masyarakat menanggulangi Covid-19 melalui website dan aplikasi pelatihan daring Bertajuk ‘Edurisk’. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) membantu tenaga Kesehatan dan masyarakat dalam menanggulangi Covid-19 melalui website dan aplikasi pelatihan daring Bertajuk ‘Edurisk’.

Website dan aplikasi pelatihan daring bertajuk 'Edurisk' digagas oleh tim pemberdayaan dan pengabdian masyarakat Universitas Indonesia (UI) yang terdiri dari Prof. Fatma Lestari (FKM UI), Prof Achir Yani S. Hamid (FIK UI), Dr. Fatmah (SIL UI), Debby Paramitasari (DRRC UI), Abdul Kadir (FKM UI), dan Ns. Giur Hargiana (FIK UI). (Baca juga: IPB University Dorong Diversifikasi Pangan melalui Inovasi Beras dari Sagu )

Dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (16/12) disebutkan, Edurisk berisi kursus-kursus terkini yang dapat membantu tenaga kesehatan dan juga masyarakat dalam menanggulangi Covid-19.

Edurisk merupakan hasil kerjasama tim pengmas UI dengan Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI, Ikatan Dokter Kesehatan Kerja Indonesia (IDKI), Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia (PAKKI), dan Dewan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (DK3N).

"Sejak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Presiden Jokowi pada awal Maret 2020, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia terus meningkat setiap harinya hingga mencapai 629.429 kasus per 15 Desember 2020," kata salah satu Tim Pengmas Prof. Fatma Lestari dalam keterangan pers, Rabu (16/20). (Baca juga: FTUI-Puslitbang Transportasi Udara Kembangkan Teknologi Pendeteksi Objek Asing )

Untuk merespon peningkatan kasus yang sangat signifikan tersebut, tim Pengmas UI menilai pentingnya peningkatan pengetahuan dan kapasitas masyarakat dan juga tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19 guna meminimalisir penyebaran yang lebih masif.

Berisikan topik-topik dan isu terkini seputar Covid-19, Edurisk menjadi solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat dan tenaga kesehatan dalam menanggulangi sekaligus memitigasi Covid-19.

"Karena bersifat pelatihan daring, Edurisk dapat diakses oleh masyarakat dan tenaga kesehatan dari seluruh Indonesia melalui perangkat internet berupa hape ataupun laptop," terangnya. (Baca juga: Hindari Klaster Covid-19, Unpad Gelar PJJ Semester Genap Januari 2021 )

Edurisk saat ini berisikan 9 kursus dengan berbagai topik di antaranya:

1. Kesiapsiagaan Kondisi Darurat dan Bencana Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)