Mahasiswa ITS Gagas Wisata Virtual Berbasis Website di Kala Pandemi

Jum'at, 18 Desember 2020 - 23:46 WIB
loading...
Mahasiswa ITS Gagas Wisata Virtual Berbasis Website di Kala Pandemi
Aliyah Ulil Faddila selaku ketua tim saat menunjukkan V-Eco rancangannya timnya. Foto/Dok/Humas ITS
A A A
JAKARTA - Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini masyarakat masih takut untuk berwisata, meski telah memasuki kehidupan normal baru (new normal). Tim mahasiswa ITS pun merancang suatu inovasi berupa wisata virtual yang diberi nama V-Eco.

Para mahasiswa dari Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota ITS ini terdiri dari Aliya Ulil Faddila, Sukma Dyah Aini, dan Selvi Aini Mutiara Fadillah. Ketiganya merancang V-Eco karena resah akan sepinya wisatawan di masa pandemi. Apalagi pariwisata yang berbasis Area Model Konservasi dan Edukasi (AMKE). (Baca juga: Unesco Tetapkan Pantun sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia )

“Sehingga kami mencoba membuat wisata menjadi lebih aman di saat pandemi dengan konsep virtual ini,” tutur Ketua Tim Aliya Ulil Faddila melalui siaran pers, Jumat (18/12)

Ulil melanjutkan, V-Eco hadir sebagai solusi untuk berbagai permasalahan pariwisata pada saat pandemi di Indonesia. Sebelumnya, Ulil dan tim telah melakukan riset ke salah satu wisata AMKE yakni di Desa Oro-Oro Ombo, Kota Batu.

“Setelah itu, dilakukan perencanaan pengembangan V-Eco di desa-desa tertinggal yang memiliki tempat wisata di seluruh Indonesia,” jelasnya. (Baca juga: Pantun Warisan Budaya Unesco, Kemendikbud Dorong Guru kenalkan Pantun ke Siswa )

Oro-Oro Ombo merupakan salah satu Das Hulu yang memiliki peran penting. Sebagai upaya konservasi dan edukasi masyarakat tani dalam Kelompok Tani Hutan di daerah Panderman yang mendirikan wisata edukasi herbal.

V-Eco sendiri, menurut Ulil, dirancang dalam bentuk website yang memiliki video virtual dengan fokusan 3D. Nantinya para pengunjung dapat mengakses website-nya dan memilih perjalanan kemana. Para pengunjung akan diajak berkeliling melalui video 3D.

“Nantinya pengunjung dapat mengetahui apa saja yang ada di wisata tersebut mulai dari isi wisata hingga apa yang dijual di sana,” ungkap gadis kelahiran 10 Desember 1999 tersebut. (Baca juga: Ilmuwan Unpad Ciptakan Mobile Lab Pelacak Covid-19 hingga Pelosok )

Sambung Ulil, V-Eco ini juga dilengkapi fitur favorit yang berfungsi untuk menyimpan perjalanan pengunjung yang disukai. Sehingga video virtual bisa dinikmati dan diputar kapan saja berulang-ulang kali.

Selain itu, pengunjung juga bisa menambah wawasan wisata sekaligus dapat membeli produk-produk unggulan yang dijual dalam wisata tersebut lewat website V-Eco.

“Kami buat dalam bentuk website agar user friendly dan tidak perlu repot mengunduh aplikasi yang terkadang menghabiskan memori,” imbuhnya.

Berkat inovasi tersebut, tim ini pun telah berhasil memperoleh Juara 1 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Gemintang 2020 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa PWK Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, akhir November lalu.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)