Ornamen Header
SMA Pradita Dirgantara Gelar Opening Ceremony FESDITA 2020
SMA Pradita Dirgantara Gelar Opening Ceremony FESDITA 2020
SMA Pradita Dirgantara menyelenggarakan Opening Ceremony Festival Edukasi SMA Pradita Dirgantara (FESDITA) 2020 pada Senin (21/12). Foto/Dok/Humas SMA Pradita Dirgantara
JAKARTA - SMA Pradita Dirgantara menyelenggarakan Opening Ceremony Festival Edukasi SMA Pradita Dirgantara (FESDITA) 2020 pada Senin (21/12/20). Acara yang dipandu oleh Ibu Ira Prihapsari, S.Pd. dan Ibu Intan Yulfi Latifah, S.M. ini merupakan rangkaian pertama dari acara FESDITA yang akan diselenggarakan mulai hari ini, Senin (21/12) hingga 1 Januari 2021.

FESDITA merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh SMA Pradita Dirgantara. FESDITA kali ini adalah FESDITA yang ke-3 bagi SMA Pradita Dirgantara yang bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan berfikir kritis, meningkatkan kreativitas dan inovasi, meningkatkan percaya diri dan sportivitas, menghadirkan kompetisi intern yang sehat dan menyenangkan, mengeksplorasi dan mengindentifikasi minat, bakat dan potensi siswa serta menghadirkan kegiatan positif untuk siswa SMA Pradita Dirgantara di waktu liburan sekolah. (Baca juga: Tim Pelajar Indonesia Raih Emas di Kompetisi Robot Dunia )

Tema FESDITA tahun ini adalah “Berkolaborasi Menuju Prestasi untuk SMA Pradita Dirgantara Mendunia”. Ada perbedaan FESDITA kali ini dengan tahun-tahun sebelumnya. FESDITA kali ini akan lebih banyak dilaksanakan secara daring, kecuali kegiatan berkemah untuk kelas XII yang akan dilaksanakan di lingkungan SMA Pradita Dirgantara. Berbagai kegiatan dirancang dalam acara ini seperti kegiatan non lomba dalam hiburan dan keagamaan, berkebun, juga training. Selain itu ada kegiatan lomba dalam bidang Sains seperti matematika, fisika, biologi, kimia, teknologi informasi, bidang bahasa, olahraga, leadership dan seni.

Acara Opening Ceremony FESDITA 2020 dibuka dengan pembacaan doa oleh perwakilan dari salah satu siswa yaitu M. Rafi Maulana dan dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang dilakukan oleh penanggung jawab acara, Bapak Pandu Siawan, S.Pd. Selanjutnya adalah pengarahan dari Bapak Panglima TNI, Dr. (HC). Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., yang dalam sambutannya beliau memberikan pesan agar para peserta tetap bersemangat untuk berkompetisi meskipun Fesdita 2020 berbeda dari tahun sebelumnya karena dilaksanakan pada saat pandemi sehingga harus dilakukan secara daring.



Sambutan berikutnya dari Bapak KASAU, Marsekal TNI Fadjar Prasetya yang sekaligus membuka secara resmi Fesdita 2020. “Meskipun Fesdita dilaksanakan secara daring namun tidak akan mengurangi esensi dari acara ini. Saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tertinggi kepada Yasarini dan SMA Pradita Dirgantara. Selamat mengikuti Fesdita dan selamat bertanding bagi peserta sekalian,” Tutur KASAU. (Baca juga: Salip 45 Negara, Tim Fisika Indonesia Raih 2 Emas 1 Perunggu pada IdPhO 2020 )

Pada Opening Ceremony FESDITA 2020, juga dibacakan janji peserta yang dilakukan oleh dua orang perwakilan siswa yaitu M. Fawwaz Ghazi H. dan Safira Azzahra R. serta pembacaan janji juri yang dilakukan oleh Ibu Ajeng Putri Pratiwi, S.Pd, selaku perwakilan dari juri.

Pengarahan selanjutnya adalah dari Ketua Umum Yayasan Ardhya Garini, Ibu Nanny Hadi Tjahjanto. Melalui Fesdita ini beliau berharap dapat meningkatkan kemampuan siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. “Terutama bagi kelas XII, kalian berkesempatan untuk berkemah, yang akan meningkatkan soft skill yang dapat dijadikan sebagai bekal kehidupan kalian kedepan.” Tutur Ibu Nanny.

Rangkaian acara berikutnya adalah kunjungan kegiatan lomba secara virtual, yaitu story telling yang dibawakan oleh Rizky Haikal dari Medan dan pembacaan puisi oleh Rizqia Awalinda dari Malang. Mereka berdua mendapatkan pengarahan langsung terkait penampilannya dari Ibu Ketua Umum Yasarini, Ibu Ketua Umum PIA Ardhya Garini, dan Bapak KASAU. Ibu Inong selaku Ketua Umum PIA Ardhya Garini mengapresiasi kemampuan berbahasa Inggris dari Rizki Haikal P. Beliau juga mengapresiasi pembacaan puisi oleh Rizqia Awalinda yang sangat menggetarkan.

Kemeriahan acara dilanjutkan dengan pemaparan hasil karya dari Klana.It oleh Dheyang Annisa W. dan Hidayah Sulistio Jati peraih medali emas pada FIKSI 2020. Mereka diapresiasi oleh Ibu Ketua Umum Yasarini, Bapak KASAU, dan Ibu Ketua Umum PIA Ardhya Garini. “Kemampuan design grafis yang dipadukan dengan kemampuan entrepreneurship merupakan kemampuan yang luar biasa yang patut kita apresiasi,” Tutur KASAU.

Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri oleh seluruh peserta Opening Ceremony FESDITA 2020 dan dipandu oleh Lavina Ardisa.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!