Inovasi Ini Antarkan Online Learning Untar Raih Lima Bintang QS Star

Jum'at, 01 Januari 2021 - 11:31 WIB
loading...
Inovasi Ini Antarkan Online Learning Untar Raih Lima Bintang QS Star
Universitas Tarumanagara (Untar). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Online learning yang diterapkan Universitas Tarumanagara (Untar) meraih Lima Bintang dari QS Star. Perkuliahan online ini diterapkan menyusul pandemic Covid-19 yang berdampak pada jalannya proses perkuliahan.

Kebijakan perkuliahan daring selama masa pandemi ini mulai diterapkan Untar sejak dikeluarkannya Surat Edaran Rektor Untar No. 744 R/2314/UNTAR/III/2020 yang berisi kebijakan pembelajaran dan ujian secara online untuk mahasiswa. (Baca juga: Mahasiswa IPB University Raih Penghargaan dari Santripreneur Indonesia )

Untar di penghujung tahun 2020 meraih Lima Bintang QS Stars untuk kategori online learning dari lembaga Internasional pemeringkatan universitas di seluruh dunia, QS Star. 3 komponen utama penilaian QS Star adalah Student-Faculty Engagement, Student Interaction, dan Student Services and Technology.

Rector Untar Prof Agustinus Purna Irawan mengatakan, inovasi dalam berbagai bidang terus dilakukan Untar untuk menghasilkan lulusan bereputasi untuk kebutuhan industry dan professional. Hal ini juga selaras dengan berbagai borang isian dalam memperoleh QS Rating 5 bintang online e-learning.

"Semoga pencapaian ini dapat lebih meningkatkan reputasi Untar sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan mampu mewujudkan reputasi tingkat internasional yang telah dicanangkan Untar sejak 2019," katanya melalui siaran pers, Jumat (1/1/2020). (Baca juga: 15 PTKI Raih Anugerah Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag 2020 )

Hal ini menunjukkan kesiapan Untar tidak hanya dari sistem teknis tapi juga kesiapan dosen dan tenaga pendidik dalam menghadapi perubahan signifikan yang terjadi, khususnya dalam hal perkuliahan.

Inovasi teknis sistem perkuliahan Untar didukung oleh layanan teknologi digital Microsoft Teams, Office 365, dan Lintar. Kesiapan Untar memfasilitasi mahasiswa untuk menempuh perkuliahan online juga diperkuat dengan komitmen seluruh sivitas akademika Untar.

"Koordinasi, komunikasi, dan teknis kerja dilaksanakan dengan menggunakan sistem aplikasi online yang disediakan oleh Universitas Tarumanagara dan/atau aplikasi lain yang disepakati," ujarnya.

Tidak hanya lima bintang QS Star, sebelumnya Untar juga masuk dalam QS World University Rankings dengan mendapatkan peringkat Top 30 Universitas Terbaik di Indonesia, dan Top 11 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia pada QS Asian University Rankings 2021.

Capaian lima bintang QS Star ini, menurutnya, salah satu bukti bahwa kegiatan akademik dan non-akademik di Untar telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku dan merujuk pada standar internasional.

"Kami terus berusaha memberi layanan terbaik pada dosen, mahasiswa, alumni dan pemangku kepentingan lainnya. QS 5 bintang untuk online e-learning ini menjadi pemicu bagi Untar untuk terus meningkatkan kualitas layanan di semua bidang,” pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)