Catat! Ini Syarat Sekolah dan Siswa yang bisa Mendaftar SNMPTN 2021

Minggu, 03 Januari 2021 - 15:17 WIB
loading...
Catat! Ini Syarat Sekolah dan Siswa yang bisa Mendaftar SNMPTN 2021
Sejumlah calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk SBMPTN 2020. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tahap penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan segera dibuka. Berikut adalah persyaratan sekolah dan siswa untuk bisa mendaftar di jalur prestasi ini.

Dikutip dari paparan LTMPT , persyaratan untuk peserta adalah siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2021 yang memiliki prestasi unggul. Yakni memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. (Baca juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Jadwal Penting Tahapan SNMPTN 2021 )

Para siswa yang akan mendaftar juga dipastikan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selain itu harus memiliki nilai rapor semester 1-5 yang telah diisikan di PDSS. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.

Siswa yang akan bersaing di SNMPTN bisa memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN. Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. (Baca juga: Siap-siap, Registrasi Akun LTMPT Dimulai Senin 4 Januari )

Sedangkan persyaratan untuk sekolah adalah SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), mengisi PDSS dan siswa yang diisikan di PDSS hanya yang berhak mendaftar sesuai dengan ketentuan. Bagi sekolah yang berakreditasi A dapat mendaftarkan 40% siswa terbaik di sekolahnya, akreditasi B 25 % terbaik disekolahnya dan akreditasi C dan lainnya 5 %.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4186 seconds (0.1#10.140)