UIN Suka - APJIKI Gelar Workshop Penulisan Artikel untuk Dosen dan Mahasiswa

Sabtu, 09 Januari 2021 - 15:55 WIB
loading...
UIN Suka - APJIKI Gelar Workshop Penulisan Artikel untuk Dosen dan Mahasiswa
UIN Sunan Kalijaga bersama APJIKI menggelar Workshop Penulisan Artikel ilmiah untuk Publikasi Jurnal Nasional. Foto/Dok/Humas APJIKI
A A A
JAKARTA - UIN Sunan Kalijaga bersama Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJIKI) menggelar Workshop Penulisan Artikel ilmiah untuk Publikasi Jurnal Nasional. Selama workshop, sedikitnya 10 artikel ilmiah berhasil diselesaikan dan siap dipublikasikan ke Jurnal Nasional.

Ketua APJIKI, Dr. Puji Lestari. M.Si, yang sekaligus Pemimpin Redaksi Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Yogyakarta , mengapresiasi program inovatif 'Workshop Penulisan Artikel Ilmiah' yang terselenggara antara kedua institusi tersebut. (Baca juga: Tingkatkan Kualitas Penulisan Artikel, Tiga Kampus Gelar Pelatihan Bersama )

“Outcome Workshop selama satu bulan lebih ini yakni telah berhasil membuat artikel yang sesuai standar jurnal nasional terakreditasi,” kata Puji Lestari usai coaching clinic yang dilaksanakan secara online pada sesi terakhir workshop, dalam keterangan persnya, Sabtu (9/1/2021).

Menurutnya, dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas tulisan artikel tersebut diharapkan mampu berkontribusi pada pemenuhan indikator untuk mewujudkan Program Studi yang unggul.

Perlu diketahui, Workshop Penulisan Artikel ini telah berlangsung sejak akhir November 2020 hingga 9 Januari 2021. Workshop diikuti oleh puluhan dosen dan mahasiswa program studi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (Baca juga: IPB Selenggarakan Essay Contest tentang Pengetahuan Lokal )

"Workshop penulisan artikel ilmiah ini terbagi menjadi 5 sesi dengan menghadirkan pembicara-pembicara yang handal pada bidangnya," terang Puji.

Beberapa pembicara dalam Workshop tersebut di antaranya Prof. Dr. Rajab Ritonga M.Si, (Pemimpin Redaksi Jurnal ISKI), Dr. Lestari Nurhayati, M.Si (Pemimpin Redaksi Jurnal Communicare LSPR), Dr. Rama Kerta Mukti, M.Si (Pemimpin Redaksi Jurnal Profetik UIN Sunan Kalijaga).

Dalam workshop tersebut, coaching clinic diampu langsung oleh para chief editor, reviewer jurnal-jurnal nasional terakreditasi Sinta yang telah tergabung dalam APJIKI. (Baca juga: Tim Arsitektur ITB Juara 1 Multi Comfort Student Contest 2020 )

Mereka di antaranya, Dr. Nia Sarinastiti, MA, Pemimpin Redaksi Jurnal InterAct Unika Atmajaya Jakarta; Meria Octavianti, S.Sos., M.I.Kom, dari Jurnal Manajemen Komunikasi Universitas Padjajaran; Dr. S. Bekti Istiyanto dari Jurnal Widya Komunika Universitas Soedirman Purwokerto; dan Heni Indrayani, M.I.Kom, Jurnal Audience: Jurnal Ilmu komunikasi Universitas Dian Nuswantoro-UDINUS Semarang.

Sementara, tema-tema menarik yang diangkat dalam 5 sesi tersebut di antaranya, strategi Menyusun proposal penelitian secara cepat dan tepat, Teknik penulisan artikel Jurnal Terakreditasi, Strategi jitu Lolos Jurnal Nasional Terakreditasi hingga review artikel Standar Jurnal Nasional Terakreditasi.

Puji menambahkan, workshop ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas jurnal terpublikasi nasional baik dosen maupun mahasiswa yang tengah melaksanakan tugas akhir. (Baca juga: Inovasi Mahasiswa UI untuk Layanan Asuransi Boyong Juara 1 )

"APJIKI berharap kegiatan bersama UIN Sunan Kalijaga ini dapat direplikasi bersama Program Studi di Perguruan Tinggi lainnya agar iklim menulis artikel ilmiah pada dunia akademik semakin membaik dan mampu bersaing di dunia internasional," pungkasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6003 seconds (0.1#10.140)