Tingkatkan Kualitas Penulisan Artikel, Tiga Kampus Gelar Pelatihan Bersama

Jum'at, 08 Januari 2021 - 23:36 WIB
loading...
Tingkatkan Kualitas Penulisan Artikel, Tiga Kampus Gelar Pelatihan Bersama
Pelatihan penulisan artikel ilmiah secara daring diikuti mahasiswa tiga kampus. Foto/Humas UBP Karawang
A A A
KARAWANG - Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang bersama Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan Universitas PGRI Madiun menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah untuk mahasiswa ketiga kampus secara daring. Pelatihan ini dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan ilmiah mahasiswa yang kelak menjadi calon guru pengajar.

"Kami menggelar kegiatan ini bersamaan dengan kampus lain karena memiliki permasalahan yang sama yaitu rendahnya kemampuan seorang pendidik (guru) dalam menulis karya ilmiah . Mahasiwa kami sebagai calon guru dilatih agar mampu dalam membuat karya ilmiah sehingga saat menjadi pengajar nanti sudah siap," kata Yogi Nugraha, Ketua Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), UBP Karawang. (Baca juga: Sepanjang 2020, Pelajar Indonesia Raih 68 Penghargaan Internasional )

Menurut Yogi, berdasarkan pengamatan pihak akademik, rendahnya kemampuan seorang pendidik (guru) dalam menulis karya ilmiah disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya pengetahuan dalam penulisan karya ilmiah, terbatasnya sumber bacaan berupa jurnal dan tidak adanya jurnal yang tersedia disekolah. "Hal inilah yang melatar belakangi kami melakukan pelatihan kepada mahasiswa kami dalam program studi PPkn agar mereka lebih siap, terutama dalam penulisan karya ilmiah," katanya.

Yogi mengatakan, dalam pelatihan penulisan karya ilmiah dilakukan secara daring dan diikuti oleh mahasiswa ketiga kampus. Masing-masing pemateri merupakan perwakilan dari ketiga kampus.

Sesi pertama disi oleh pemateri Dikdik Baehaqi dari UAD Yogyakarta, dengan materi tentang isu-isu mutakhir PPKn, pemateri kedua oleh pemateri Yogi Nugraha dari UBP Karawang dengan materi penulisan artikel ilmiah serta sesi ketiga oleh pemateri Yoga Ardian Feriandi dari Universitas PGRI Madiun dengan materi teknis sitas, penelusuran referensi dan submit artikel di jurnal. (Baca juga: Beasiswa Fulbright untuk S2-S3 Buka Pendaftaran Sampai 15 Februari )

"Kerja sama ini akan tetap kami lanjutkan kedepannya karena ini penting meningkatkan kemampuan mahasiwa kami," katanya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3370 seconds (0.1#10.140)