Ornamen Header
Mahasiswa UNAS Gelar PKM Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 di Depok
Mahasiswa UNAS Gelar PKM Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19 di Depok
Mahasiswa UNAS menggelar PKM dengan memberikan pembekalan dan penyuluhan pengenalan virus Covid-19 di Yayasan Darussalam, Kota Depok. Foto/Humas Unas
JAKARTA - Empat Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Kelas Karyawan Universitas Nasional (UNAS) menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan memberikan pembekalan dan penyuluhan pengenalan virus Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan di Yayasan Darussalam, Kota Depok.

Kegiatan PKM ini dibimbing langsung oleh dosen mata kuliah PR & Manajemen CSR UNAS Yayu Sriwartini, pada Rabu, 6 Januari 2021. Baca juga: ( UGM Berikan Keringanan UKT ke 10 Ribu Lebih Mahasiswa Terdampak Covid-19 )

Yayasan Darussalam berdiri pada 1996, merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang sosial seperti pembiayaan pendidikan dan permakanan untuk anak-anak yatim/ yatim piatu. Berlokasi di Jalan Kampung Bojong No.45, Bakti Jaya, Kecamatan Sukmaja, Kota Depok, Jawa Barat, Yayasan Darussalam menjadi salah satu yayasan yang memiliki akreditasi. Selain itu, yayasan ini juga terdaftar dalam Dinas Sosial Kota Depok sebagai Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS). Memiliki jumlah anak yaitu sekitar 53 anak yang terdiri dari 27 laki-laki dan 26 perempuan serta 17 pengurus.

Dalam kegiatan PKM ini, mahasiswa memberikan sebuah pembekalan dan penyuluhan yaitu pengenalan virus Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan kepada 32 anak yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan tersebut dilakukan secara virtual melalui aplikasi Zoom. Materi ini disampaikan karena mengingat pandemic Covid-19 yang kian terus meningkat per tiap harinya dan sebagai bentuk partisipasi terhadap kebijakan dan membantu upaya pemerintah dalam menangani pandemic Covid-19.



Desayu Erni Lestari (13) salah seorang anak yatim dari Yayasan Darussalam dan juga merupakan peserta kegiatan PKM tersebut mengatakan, kegiatan PKM yang diadakan oleh mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional, cukup mengesankan bagi anak-anak yatim di sana. “Acara PKM-nya sangat membantu anak-anak untuk mengerti bagaimana mencegah penyebaran virus Covid-19 yang sangat mengerikan. Ilmu yang diberikan kakak mahasiswa sangat bermanfaat dan membantu anak-anak memperluas wawasan dan karna adanya PKM ini anak-anak panti menjadi kenal dengan kakak mahasiswa UNAS,” Ujarnya. Baca juga: ( Mahasiswa ITB Raih Best Paper di Geo Student Competition 2020 )

Pembimbing PKM UNAS, Yayu Sriwartini mengatakan, “Hal ini tertentu ada berkaitan dengan kondisi saat ini dimana dari hari ke hari ternyata masih banyak masyarakat kita yang terkena virus yang sudah lama menjadi menghantui kehidupan masyarakat kita dan dunia. Nah, tentu berbagai macam cara dan kepedulian kita bersama-sama harus kita tunjukkan salah satunya adalah saling mengingatkan terus-menerus bahwa kita harus tetap menjaga protokol kesehatan dan mungkin ini adalah salah satu cara bagi kita untuk menyikapi kondisi saat sekarang ini dengan perilaku sehat dan mentaati peraturan sehingga kita semua Insya Allah dihindarkan dari penularan Covid-19 ini,” terangnya.

Selain itu, Pemilik Yayasan Darussalam, Sumarno menyatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan positif bagi anak-anak yayasan karena mengingat protokol kesehatan sangat penting untuk dilakukan dan penting diberitahukan bagi anak-anak di masa pandemic saat ini. Ia juga menuturkan dan berharap melalui kegiatan ini dapat terjalin tali silaturahmi anak-anak yayasan dengan mahasiswa UNAS dan juga untuk mahasiswa dari universitas lain jika ingin mengadakan kegiatan PKM tersebut di Yayasan Darussalam dan terbuka bagi siapa yang ingin membantu dan bersilaturami.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!