Wisuda Daring Perdana 2021, Ini 4 Pesan Rektor IPB University untuk Wisudawan

Rabu, 13 Januari 2021 - 22:47 WIB
loading...
Wisuda Daring Perdana 2021, Ini 4 Pesan Rektor IPB University untuk Wisudawan
Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria memberi 4 pesan penting kepada para wisudawan. Foto/Dok/Humas IPB
A A A
JAKARTA - IPB University mewisuda 791 lulusan di awal tahun ini secara daring. Ada 4 pesan Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria kepada para wisudawannya.

Sebanyak 791 Wisudawan tersebut terdiri dari 497 lulusan pendidikan Sarjana, 97 lulusan Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan, 163 lulusan program pendidikan Magister dan 34 program pendidikan program Doktor. )

Dalam pidatonya, Prof Arif berikan empat pesan kepada wisudawan. Rektor menyampaikan agar para lulusan selalu berorientasi pada excellent innovation. Menurutnya, excellent innovation merupakan hal penting yang akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang disegani dunia.

Lebih lanjut ia menyampaikan agar lulusan IPB University juga memiliki growth mindset. Kekuatan besar yang dapat mengubah bangsa adalah kekuatan mindset. Dengan memiliki growth mindset, saat ini situasi jaman cepat berubah maka mindset pun harus ikut berubah.

“McKinsey, konsultan internasional menyampaikan suksesnya studi siswa dilihat dari mindset siswa itu sendiri. Sehingga penting agar siswa memiliki growth mindset yang memiliki ciri menjadi pembelajar yang lincah atau agile, adaptasi terhadap perubahan, menjadi trensetter perubahan, future practise, selalu inisiasi hal baru, selalu berpikir positif. Maka akan hasilkan karya produktif, menghasilkan solusi terhadap permasalahan yang ada dengan excellent innovation. Kita punya optimisme. Percaya diri kita bangun,” katanya melalui siaran pers, Rabu (13/1). )

Selain itu rektor berpesan agar para wisudawan memperkuat identitas sebagai alumni IPB University dan bangga kepada almamater. Integritas yang kuat merupakan pondasi agar bisa menjadi orang yang dipercaya. Kekuatan bangsa ada pada kekuatan untuk terus menginspirasi dan menghasilkan inovasi.

“Saya berharap tiga ciri ini yang dapat dipegang teguh alumni yaitu integrasi, inovasi dan inspirasi. Berharap terus bangun jejaring sesama alumni,” imbuhnya.

Pesan ke tiga adalah agar alumni IPB University dapat menciptakan kesempatan. Menurutnya ada tiga tipe orang dalam melihat kesempatan. Yaitu ada yang menunggu kesempatan, ada yang mencari kesempatan dan ada yang menciptakan kesempatan. Tipe yang ketiga ini yang akan menjadi pemenang.

Menurutnya, bangsa besar merupakan sekumpulan orang yang selalu menciptakan kesempatan, punya kreativitas, punya keberanian, integritas dan percaya diri.

Pesan keempat adalah dalam situasi pandemi seperti saat ini, ia berharap para wisudawan selalu menjaga kesehatan. Kesehatan juga merupakan modal untuk berkarya, untuk memberikan yang terbaik, menebar manfaat yang akan kita persembahkan untuk orang-orang tercinta, orang tua, guru-guru, bangsa dan negara,” tandasnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5367 seconds (0.1#10.140)