KIP dan KIP Kuliah Akan Disalurkan Mulai Maret, Cek Infonya

Kamis, 21 Januari 2021 - 22:15 WIB
loading...
KIP dan KIP Kuliah Akan Disalurkan Mulai Maret, Cek Infonya
Sekjen Kemendikbud Ainun Naim. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Kemendikbud akan menyalurkan kembali bantuan pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di jenjang sekolah dan KIP Kuliah di jenjang pendidikan tinggi. Afirmasi pendidikan ini akan mulai disalurkan pada Maret.

Plt Sekjen Kemendikbud Ainun Naim mengatakan, mulai bulan ini sampai dengan April nanti Kemendikbud tengah melakukan persiapan-persiapan penyaluran. Ainun menjelaskan, penyaluran tidak hanya untuk penerima KIP dan KIP Kuliah yang baru namun juga bagi penerima yang sudah berjalan (on going).

Sedangkan untuk linimasa penyalurannya, ujar guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM) ini, KIP dan KIP Kuliah termasuk dengan beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADIK) akan mulai disalurkan mulai Maret sampai dengan Agustus.

“Penyaluran mulai Maret sampai Agustus. Khususnya untuk pengguna baru dan juga kalau yang lama sesuai dengan mula-mula,” katanya pada Raker dengan Komisi X DPR yang disiarkan daring, Rabu 16 Januari.

Ainun menerangkan, persiapan untuk penyaluran KIP dan KIP Kuliah dan ADIK ini meliputi finalisasi penyusunan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK), sosialisasi terkait hal-hal baru, koordinasi dengan semua unit penyalur terutama dengan perguruan tinggi. Selain itu juga persiapan mengenai pembenahan dan peningkatan system informasi.

Dalam paparan disebutkan bahwa dalam pagu anggaran Kemendikbud untuk tahun 2021, jumlah sasaran untuk PIP/KIP adalah untuk 17.9 juta siswa. Sedangkan untuk KIP kuliah termasuk ADIK untuk 1.1 juta.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)