Ingin Sukses Masuk UNS, Ini Strateginya

Jum'at, 22 Januari 2021 - 19:36 WIB
loading...
Ingin Sukses Masuk UNS, Ini Strateginya
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Persaingan untuk masuk kuliah terutama di perguruan tinggi negeri terbilang sangat ketat. Universitas Sebelas Maret (UNS) pun memberikan strategi agar bisa sukses masuk di PTN yang berpusat di Solo ini.

Dikutip dari instagram resmi UNS di uns.official, calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNS wajib mengikuti kanal resmi informasi UNS. Informasi biasanya diberikan melalui sosial media resmi UNS seperti instagram, Twitter, Youtube dan Facebook.

Apalagi di masa pandemi, informasi dan sosialisasi pun dilakukan secara virtual. UNS pun telah menggelar webinar series dengan mengusung tema Strategi Sukses SNMPTN 2021 secara daring pada Senin (18/1) melalui akun Youtubenya.

Strategi kedua adalah pahami minat dan bakat untuk menentukan program studi yang tepat untuk melanjutkan studi. Hal ini diperlukan untuk melihat peluang dalam prodi tersebut. Informasi bisa dilihat dari data tahun sebelumnya.

Selain itu untuk menambah semangat merealisasikan kuliah di UNS calon pelamar pun perlu mengetahui keunggulan UNS. Beberapa di antaranya adalah UNS resmi berstaus PTN-Badan Hukum (PTN-BH), termasuk 11 PTN klaster 1 PT terbaik di Indonesia, berakreditasi A, peringkat 401-450 menurut QS Asia, adaptif dengan kondisi saat ini menggunakan sistem Open Course Ware (OCW) dan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) dan tersedia beragam beasiswa.

Strategi ketiga adalah pahami jalur masuk UNS yang terbagi 3 jalur. Pertama SNMPTN dengan kuota minimal 20 %. Lalu jalur kedua Seleksi Bersama Masuk PTN dengan kuota 3% dan jalur terakhir adalah jalur mandiri dengan kuota maksimum penerimaan mahasiswa baru 50 %.

Strategi keempat adalah memiliki perencanan dan persiapan yang baik. Perencanaan bisa dibuat sebelum masuk di perguruan tinggi dan rutin melakukan pembaruan disetiap jenjangnya. Salah satu alumnus UNS Rory Asyari menyarankan untuk melakukan pembaruan perencanaan saat masih kuliah, sebelum lulus dan menjalani karir.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3322 seconds (0.1#10.140)