Ornamen Header
Ingin Sukses Masuk UNS, Ini Strateginya
Ingin Sukses Masuk UNS, Ini Strateginya
Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Persaingan untuk masuk kuliah terutama di perguruan tinggi negeri terbilang sangat ketat. Universitas Sebelas Maret (UNS) pun memberikan strategi agar bisa sukses masuk di PTN yang berpusat di Solo ini.

Dikutip dari instagram resmi UNS di uns.official, calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNS wajib mengikuti kanal resmi informasi UNS. Informasi biasanya diberikan melalui sosial media resmi UNS seperti instagram, Twitter, Youtube dan Facebook. Baca juga: Ingin Masuk Unair Lewat Jalur SNMPTN-SBMPTN, Ini Tingkat Persaingannya

Apalagi di masa pandemi, informasi dan sosialisasi pun dilakukan secara virtual. UNS pun telah menggelar webinar series dengan mengusung tema Strategi Sukses SNMPTN 2021 secara daring pada Senin (18/1) melalui akun Youtubenya.

Strategi kedua adalah pahami minat dan bakat untuk menentukan program studi yang tepat untuk melanjutkan studi. Hal ini diperlukan untuk melihat peluang dalam prodi tersebut. Informasi bisa dilihat dari data tahun sebelumnya.



Selain itu untuk menambah semangat merealisasikan kuliah di UNS calon pelamar pun perlu mengetahui keunggulan UNS. Beberapa di antaranya adalah UNS resmi berstaus PTN-Badan Hukum (PTN-BH), termasuk 11 PTN klaster 1 PT terbaik di Indonesia, berakreditasi A, peringkat 401-450 menurut QS Asia, adaptif dengan kondisi saat ini menggunakan sistem Open Course Ware (OCW) dan Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) dan tersedia beragam beasiswa. Baca juga: Selain SNMPTN dan SBMPTN, UB Juga Buka Jalur Mandiri

Strategi ketiga adalah pahami jalur masuk UNS yang terbagi 3 jalur. Pertama SNMPTN dengan kuota minimal 20 %. Lalu jalur kedua Seleksi Bersama Masuk PTN dengan kuota 3% dan jalur terakhir adalah jalur mandiri dengan kuota maksimum penerimaan mahasiswa baru 50 %.

Strategi keempat adalah memiliki perencanan dan persiapan yang baik. Perencanaan bisa dibuat sebelum masuk di perguruan tinggi dan rutin melakukan pembaruan disetiap jenjangnya. Salah satu alumnus UNS Rory Asyari menyarankan untuk melakukan pembaruan perencanaan saat masih kuliah, sebelum lulus dan menjalani karir.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!