Ornamen Header
Teknologi Terus Berkembang, Ini Nasehat Nadiem untuk Para Siswa
Teknologi Terus Berkembang, Ini Nasehat Nadiem untuk Para Siswa
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan profesi yang belum pernah diprediksi sebelumnya. Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pun berpesan kepada siswa untuk bisa beradaptasi dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Mendikbud mengatakan, sebagai akibat perkembangan teknologi digital saat ini tumbuh profesi baru yang tidak terbayangkan 5-10 tahun sebelumnya. Dia mencontohkan, profesi seperti youtuber, influencer, content creator, big data analisis, media data spesialis dan juga AI spesialis. Baca juga: Siswi Non Muslim Wajib Berjilbab, MPR: Pembangunan Karakter Anak Bangsa Terancam

"Oleh karena itu, adaptasi dan adopsi teknologi serta literasi digital sudah menjadi keharusan yang perlu dikuasai oleh generasi masa sekarang. Khususnya anak vokasi zaman now," kata Mendikbud pada webinar Anak Vokasi Zaman Now, Senin (25/1/2021).

Mantan petinggi Gojek ini menuturkan, profesi-profesi baru kedepannya akan tumbuh terus dan begitu pula sebaliknya ada profesi yang juga tidak lagi dibutuhkan. Menurut dia, krisis global akibat pandemi Covid-19 inipun akan memperkuat berbagai ketidakpastian lainnya.



Oleh karena itu, ujarnya, jadilah pembelajar sepanjang hayat. Menurutnya, anak vokasi zaman now pun harus belajar untuk mencintai belajar dan mengembangkan kemampuan diri. Baca juga: Cegah Intoleransi, Perhimpunan Guru Minta Pemerintah Cek Perda dan Sekolah

Nadiem juga berpesan, kenalilah diri dan bakat serta temukan apa passion sehingga mampu melakukan dan memberikan sesuatu yang terbaik. Dia menuturkan, ragam pendidikan vokasi baik SMK, pendidikan tinggi dan pendidikan non formal memungkinkan generasi muda zaman now untuk menekuni keahlian dan keterampilan spesifik yang sesuai dengan minat dan bakat.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!