Ornamen Header
Menko PMK Apresiasi IKA ITS, Berharap Donasi Gawai untuk PJJ Menginspirasi yang Lain
Menko PMK Apresiasi IKA ITS, Berharap Donasi Gawai untuk PJJ Menginspirasi yang Lain
Menko PMK Muhadjir Effendy menyerahkan gawai donasi IKA ITS kepada perwakilan siswa di Gedung Kementerian PMK, Selasa (26/1/2021). Foto/humas IKA ITS
JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudyaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi kepada Ikatan Alumni ITS (IKA ITS) atas penggalangan donasi gawai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) . Dia berharap agar inisiatif IKA-ITS tersebut diikuti pihak-pihak lainnya.

Menko PMK Apresiasi IKA ITS, Berharap Donasi Gawai untuk PJJ Menginspirasi yang Lain

Menko PMK Muhadjir Effendy secara simbolis menerima dan menyerahkan donasi 530 gawai IKA ITS untuk mendukung pembelajaran jarak jauh. Foto/humas IKA ITS

Muhadjir menyatakan donasi para alumni ITS sangat membantu program PJJ sejak berlangsungnya pandemi Covid-19 masih memiliki kendala. Situasi ini terutama dirasakan siswa di wilayah yang mengalami kendala akses internet serta ketersediaan gawai yang terbatas karena rendahnya tingkat ekonomi masyarakat.

(Baca: Menko PMK Terima Lebih 500 Gawai dari IKA ITS untuk Bantuan Belajar Jarak Jauh)

“Meskipun belum menyelesaikan seluruh persoalan, sumbangan dari IKA-ITS ini diharapkan membantu sejumlah siswa dan guru dalam melanjutkan pembelajaran yang berkualitas dan memanfaatkan kemajuan Iptek Revolusi Industri 4.0. Jangan sampai pandemi ini juga menjadikan generasi penerus kita tertinggal dalam pendidikannya,” kata mantan Mendikbud ini.



Ketua Umum IKA ITS Sutopo Kristanto mengakui jumlah perangkat gawai yang kami donasikan ini masih sangat kecil bila dibandingkan jumlah kebutuhan yang diperlukan. ”Namun demikian kami memberanikan diri untuk menggalang donasi secara bergotong royong dengan semangat meringankan beban dan kesulitan para guru dan murid di tengah pandemi. Betapa pun kecilnya bantuan yang dapat kami berikan, itu lah simbol kepedulian kami,” katanya.

(Baca: Evaluasi PJJ, Kemendikbud: Ada Penurunan Nilai Hasil Belajar Siswa)

Sementara itu ketua Yayasan Nurani Dunia Imam B. Prasodjo yang berperan mengidentifikasi sekolah-sekolah yang membutuhkan gawai, sangat menghargai inisiatif IKA ITS dalam aksi kepedulian ini. Menurut dia aksi seperti dilakukan IKA ITS inilah yang membuat Indonesia selalu berhasil dalam mengatasi masa-masa sulit

“Gerakan seperti yang dilakukan IKA ITS ini merupakan wujud kepedulian yang selalu menjadi ruh kehidupan bangsa Indonesia. Inilah modal sosial yang kita miliki yang harus kita tumbuhkan dan perkuat sampai kapanpun,” katanya.
(muh)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!