Puluhan Ribu Siswa Berebut, ITB Hanya Terima 4.620 Mahasiswa Baru

Minggu, 31 Januari 2021 - 14:42 WIB
loading...
Puluhan Ribu Siswa Berebut, ITB Hanya Terima 4.620 Mahasiswa Baru
Institut Teknologi Bandung (ITB). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun ini menerima 4.620 mahasiswa baru. ITB akan membuka 3 jalur penerimaan yakni seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri.

Direktur Pendidikan ITB Dr.Techn. Arief Hariyanto menjelaskan, tahun ini ITB akan menerima 4.620 mahasiswa baru dengan kuota yang disediakan untuk jalur SNMPTN sebesar 40%, sedangkan kuota untuk jalur SBMPTN sebesar 30%, dan 30% untuk jalur Seleksi Mandiri.

Jalur ini dibuka untuk semua sekolah/fakultas yang ada di ITB. Informasi, tata cara, dan jadwal pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN bisa dilihat di laman resmi panitia pusat SNMPTN https://ltmpt.ac.id.

Khusus bagi para peserta SBMPTN yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain, diharuskan mengunggah Portofolio Seni Rupa dan Desain. Jalur Seleksi Mandiri menjadi jalur alternatif bagi calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik baik dan menginginkan diterima langsung di program studi yang diinginkan.

Pada penerimaan jalur seleksi mandiri, ITB menggunakan nilai rapor semester 1-5 dan nilai UTBK sebagai materi penilaian. Khusus Fakultas Seni Rupa dan Desain, ITB akan melaksanakan ujian ketrampilan.

“Seleksi Mandiri ITB tahun 2021 dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada semua program studi yang ada di ITB, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon,” ujar Arief seperti dikutip dari laman resmi ITB di itb.ac.id, Minggu (31/1).

ITB tidak membuka jalur penerimaan seleksi mandiri di ITB Kampus Cirebon sebagai salah satu program insentif, dengan pengenaan uang kuliah tunggal (UKT) SNMPTN dan SBMPTN bagi seluruh mahasiswa ITB Kampus Cirebon.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)