Bantu Pembelajaran Siswa, Mendikbud Luncurkan Kampus Mengajar 2021

Selasa, 09 Februari 2021 - 16:46 WIB
loading...
Bantu Pembelajaran Siswa, Mendikbud Luncurkan Kampus Mengajar 2021
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim meluncurkan program Kampus Mengajar angkatan 1 di tahun 2021. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Mendikbud Nadiem Anwar Makarim meluncurkan program Kampus Mengajar angkatan 1 di tahun 2021. Mendikbud berharap melalui mahasiswa yang turun mengajar ini maka pembelajaran khususnya di daerah 3 T dapat terbantu.

Mendikbud mengatakan, pahlawan nasional R.A Kartini memiliki semboyan sehingga dia bisa membawa kemajuan bagi bangsa. Semboyannya terdiri dari dua kata yakni, Saya Mau. "Dan 2 patah kata pendek itu lah yang mengantarkan beliau melampui beragam kesulitan," katanya pada peluncuran Kampus Merdeka secara daring, Selasa (9/2).



Mendikbud menjelaskan, di tengah upaya memperbaiki mutu pendidikan nasional bangsa ini dihadapkan pada pandemi. Ini adalah tantangan yang besar sekali, katanya, khususnya bagi pembelajaran yang dialami oleh para siswa yang duduk di bangku sekolah dasar.

Dia menuturkan, sebagian dari mereka harus melakukan pembelajaran dari rumah dan tidak bisa bertemu dan bermain dengan teman-temannya. Selain itu guru dan orang tua murid pun juga harus beradaptasi dengan pembelajaran dari rumah ini.

"Oleh karena itu, melalui Kampus Mengajar 2021, saya ingin menantang kalian untuk juga mengatakan, Saya Mau. Yakni mau membantu mengubah tantangan tersebut menjadi harapan," tutur alumnus Harvard Business School ini.

Baca juga: Buruan! Pendaftaran KIP Kuliah Telah Dibuka, Cek Link


Mendikbud mengatakan, dia mengajak para mahasiswa untuk mengikuti Kampus Mengajar sehingga bisa berkreasi, beraksi dan berkolaborasi selama 12 minggu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Khususnya untuk membantu di daerah 3T.

Melalui Kampus Mengajar ini, katanya, maka mahasiswa akan diasah jiwa kepemimpinanya, kematangan emosional dan kepekaan sosial. "Saya berharap setiap mahasiswa akan menjawab tantangan saya untuk terus memelihara api optimisme dan memberikan kontribusi terbaiknya," harap Nadiem.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4714 seconds (0.1#10.140)