UI Beri Layanan Vaksinasi Covid-19 Untuk Nakes dan Dosen

Kamis, 18 Februari 2021 - 09:49 WIB
loading...
A A A
Dr Kartika H Zaenal sebagai PJ Vaksinasi menjelaskan prosedur sebelum penyuntikan, ada beberapa tahap yang harus dilakukan peserta. Pertama, melakukan pendaftaran dengan menunjukkan e-ticket atau KTP untuk verifikasi data dilakukan dengan menggunakan Pcare.

Kemudian peserta diperiksa oleh tenaga kesehatan dengan melakukan penelusuran riwayat penyakit dan pemeriksaan fisik sederhana (memeriksa tekanan darah) untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi penyerta (komorbid).

Setelah peserta dinyatakan layak divaksinasi, dokter menyampaikan informasi tentang tindakan. Selanjutnya, peserta divaksin secara intra muscular sesuai prinsip penyuntikan aman. Petugas kesehatan memasukkan nama vaksin dan nomor batch vaksin yang diberikan kepada peserta pada aplikasi Pcare.

Tenaga kesehatan mencatat hasil pelayanan vaksinasi ke dalam aplikasi Pcare. Kemudian, peserta diobservasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), lalu mendapatkan penyuluhan tentang 3M dan vaksinasi, dan mendapatkan kartu vaksinasi elektronik.
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)