Tim Geomech UGM Juara Kompetisi Geothermal Development Plan 2021

Rabu, 03 Maret 2021 - 13:13 WIB
loading...
Tim Geomech UGM Juara Kompetisi Geothermal Development Plan 2021
Tim Geomech UGM menjadi juara pertama kompetisi Geothermal Development Plan pada ajang Integrated Petroleum Festival (IPFEST) 2021 di ITB. Foto/Dok/Humas UGM
A A A
YOGYAKARTA - Empat mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim Geomech UGM menjadi juara pertama kompetisi Geothermal Development Plan pada ajang Integrated Petroleum Festival (IPFEST) 2021 di ITB, Bandung, Kamis (25/2).

Mereka terdiri, M. Fahran Fauzan (Teknik Geologi 2017), Melchior Raka D. (Teknik Geologi 2018), Vincentius Adven B. (Teknik Mesin 2019), dan Wisnu Arif B. (Teknik Mesin 2019). Tim Geomech UGM menjadi juara setelah menyisihkan 24 tim dari perguruan tinggi lain, diantaranya dari ITB, ITS, Undip dan Unpad.



Vincentius Adven mengatakan dalam kompetisi tersebut para peserta diminta untuk melakukan studi kelayakan proyek ekspansi Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) Ulumbu, Flores Unit 5-6 (2x20 MW).

“Proyek ekspansi PLTP Ulumbu ini adalah proyek riil milik PLN yang kemudian dilombakan,”kata Vicentius dalam keterangan tertulisnya yang diterima MNC Portal Indonesia, Selasa, (2/3/2021) malam.

Vincetius menjelaskan jika proyek ini dinilai layak untuk dieksekusi, maka setiap tim merancang rencana pengembangan proyek ini, mulai dari interpretasi geologi, strategi pengeboran, desain pembangkit listrik dan steam gathering, hingga evaluasi keekonomian proyek menggunakan parameter NPV, IRR, BEP, dan Benefit-to-Cost Ratio.



“Ide kami bisa membantu memberikan masukan dan terobosan baru, secara khusus bagi PLN dalam mengembangkan proyek ini, dan secara umum bagi pengembangan energi panas bumi di Indonesia Timur,”jelasnya.

Menurut Vincentius, meski baru sebatas konsep, namun timnya beserta tim lainnya secara serius membuat perencanaan proyek tersebut dengan metode desain proyek menggunakan kombinasi antara studi literatur, perhitungan manual, dan simulasi numerik menggunakan software.

“Harapan kami, inovasi yang ada dalam rancangan proyek kami bisa kami curahkan langsung di lapangan ketika kami sudah lulus dari UGM dan terjun ke industri geothermal,” paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)