Jadwal Pendaftaran USMI Sekolah Vokasi IPB University Diperpanjang

Kamis, 04 Maret 2021 - 23:40 WIB
loading...
Jadwal Pendaftaran USMI Sekolah Vokasi IPB University Diperpanjang
Kampus IPB University. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekolah Vokasi (SV) IPB University mengeluarkan jadwal terbaru pendaftaran jalur Undangan Seleksi Masuk (USMI) IPB University. Jalur ini menggunakan seleksi rapor untuk menjaring siswa terbaik untuk bergabung ke perkuliahan yang lulusannya banyak diserap industri ini.

Sekolah Vokasi IPB University sebelumnya dikenal dengan Program Diploma IPB University. Terdapat beragam pilihan studi bagi para milenial yang berkeinginan untuk bisa langsung bekerja di industri paska kelulusannya. Perkuliahannya pun dilakukan dengan melakukan banyak praktik magang di industri.



Sebelumnya, Sekolah Vokasi IPB University menawarkan jenjang pendidikan D3, tetapi, ke depannya akan berganti menjadi jenjang pendidikan D4 yang setara dengan gelar S1.

Salah satu jalur masuk Sekolah Vokasi IPB University adalah Jalur USMI. Jalur seleksi ini biasa disebut jalur seleksi rapor atau bisa juga disebut jalur undangan. Pasalnya, Sekolah Vokasi IPB University yang mengundang sekolah untuk mengirimkan siswa terbaiknya untuk bergabung ke Sekolah Vokasi IPB University.

“Interaksi awal jalur penerimaan ini adalah antara Sekolah Vokasi IPB dengan sekolah tempat calon pendaftar sekolah. Syaratnya sekolah yang diundang adalah sekolah yang terdaftar di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa,” ujar Warek IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Dr Drajat Martianto melalui siaran pers, Kamis (4/3).



Dia menjelaskan tata cara Jalur USMI Sekolah Vokasi IPB University mirip dengan Jalur SNMPTN Program Sarjana. Bedanya adalah USMI dikelola mandiri oleh IPB University, dan SNMPTN dikelola secara nasional oleh LTMPT.

Kemiripannya terletak pada mekanisme pendaftaran melalui sekolah. Langkah pertama yang dilakukan yaitu SV IPB University mengirim surat ke Kepala Sekolah (kepsek) yang berisi informasi mengenai tata cara pendaftaran Jalur USMI. Undangan berisi informasi username dan password yang bersifat rahasia.

Setelah menerima surat tersebut, Kepsek harus login pada usmisv.admisi.ipb.ac.id menggunakan password dan username yang tercantum pada surat undangan yang dikirimkan. Setelah itu, Kepsek menginputkan kelengkapan data sekolah dan data siswa serta nilai pelajaran siswa yang akan mendaftar SV IPB University melalui jalur USMI.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)