Ornamen Header
Simak Syarat Masuk Jalur Pramuka IPB University
Simak Syarat Masuk Jalur Pramuka IPB University
Himapin IPB University menggelar webinar Kupas Tuntas Jalur Prestasi Pramuka IPB University. Foto/Dok/Humas IPB University
JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (Himapin) IPB University menggelar webinar Kupas Tuntas Jalur Prestasi Pramuka IPB University. Webinar ini sekaligus memperkenalkan kembali jalur masuk Pramuka sebagai salah satu bagian dari jalur masuk Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) di IPB University.

Pembina Himapin IPB University Iyep Komala mengapresiasi kehadiran jalur masuk IPB University melalui prestasi Pramuka. Ia berharap, melalui jalur prestasi pramuka, IPB University dapat melahirkan prestasi di kancah nasional maupun internasional.

Baca juga: FHUI Dinyatakan sebagai Fakultas Hukum Terbaik di Indonesia

“Bagi adik-adik yang memiliki prestasi pramuka, silakan mendaftarkan diri. Kami tunggu karya-karya anggota Pramuka Jawa Barat di IPB University,” kata Iyep melalui siaran pers, Selasa (9/3/2021).

Sementara itu, pembina putra Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka IPB University drh Fadjar Satrija membeberkan sejarah hadirnya jalur masuk IPB University melalui prestasi Pramuka. Kata dia, jalur ini berawal dari kebutuhan Sumberdaya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan leadership.



“Mulai di tahun 2018 dicetuslah mahasiswa baru melalui Jalur Ketua OSIS. Kemudian di Pramuka juga berpikir. Dulu pernah IPB University menjadi tuan rumah kegiatan tanggap bencana yang dihadiri oleh kwartir nasional. Dari situ mulai terpikir untuk membuat Jalur Pramuka,” terangnya.

Baca juga: ITB Peringkat 1 di Indonesia dalam 10 Bidang versi QS WUR 2021

Akhirnya pada tahun 2019 rencana itu terealiasikan. Di tahun tersebut Kwartir Daerah Jawa Barat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama IPB University yang menghasilkan Jalur Masuk IPB University melalui Pramuka khusus untuk Jawa Barat.

“Di tahun 2020 sebanyak 9 anggota Pramuka Jawa Barat diterima menjadi mahasiswa IPB University,” lanjut sosok yang aktif menjadi anggota Pramuka sejak tahun 1969 itu.

Dalam webinar ini juga terungkap persyaratan pendaftaran melalui jalur Pramuka. Yakni lulusan SMA peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan SMK Pertanian atau Kehutanan kelulusan tahun 2021. Memiliki rata-rata nilai Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi selama 5 semester sekurang-kurangnya 80.



Selain itu, aktif anggota pramuka sebagai Ketua Dewan Ambalan (pradana), Dewan Kerja Ranting (DKR), Dewan Kerja Cabang (DKC), atau Dewan Kerja Daerah (DKD). Persyaratan khsusus lainnya adalah Pramuka Penegak Garuda dan memiliki prestasi internasional atau nasional di bidang kepramukaan.

Setelah memenuhi persyaratan, selanjutnya pendaftar jalur ini harus mendapatkan rekomendasi dari Kwartir Daerah Jawa Barat. Surat rekomendasi ini digunakan saat mendaftar menjadi mahasiswa baru melalui Jalur Pramuka. Bagi yang diterima, IPB University akan menginformasikan kepada Kwartir Daerah Jawa Barat.

Terkait pembiayaan pendidikan menjadi tanggung jawab mahasiswa yang lolos di jalur ini. Selengkapnya tentang jalur ini dapat diakses melalui https://admisi.ipb.ac.id/jalur-prestasi-internasional-dan-nasional-pin.

“Saya sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan webinar ini. Di webinar ini banyak informasi yang saya dapatkan seputar Jalur Pramuka IPB. Lebih jelas dan lebih detail. Semoga di tahun 2021 saya menjadi salah satu mahasiswa yang diterima di IPB University melalui jalur Pramuka ini,” kata M Hilman Fauzi, anggota Pramuka MAN 2 Kota Bogor yang hadir sebagai peserta pada webinar tersebut.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!