Simak Syarat Masuk Jalur Pramuka IPB University

Selasa, 09 Maret 2021 - 11:27 WIB
loading...
Simak Syarat Masuk Jalur Pramuka IPB University
Himapin IPB University menggelar webinar Kupas Tuntas Jalur Prestasi Pramuka IPB University. Foto/Dok/Humas IPB University
A A A
JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Jalur Prestasi Internasional dan Nasional (Himapin) IPB University menggelar webinar Kupas Tuntas Jalur Prestasi Pramuka IPB University. Webinar ini sekaligus memperkenalkan kembali jalur masuk Pramuka sebagai salah satu bagian dari jalur masuk Prestasi Internasional dan Nasional (PIN) di IPB University.

Pembina Himapin IPB University Iyep Komala mengapresiasi kehadiran jalur masuk IPB University melalui prestasi Pramuka. Ia berharap, melalui jalur prestasi pramuka, IPB University dapat melahirkan prestasi di kancah nasional maupun internasional.



“Bagi adik-adik yang memiliki prestasi pramuka, silakan mendaftarkan diri. Kami tunggu karya-karya anggota Pramuka Jawa Barat di IPB University,” kata Iyep melalui siaran pers, Selasa (9/3/2021).

Sementara itu, pembina putra Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka IPB University drh Fadjar Satrija membeberkan sejarah hadirnya jalur masuk IPB University melalui prestasi Pramuka. Kata dia, jalur ini berawal dari kebutuhan Sumberdaya Manusia (SDM) yang memiliki kemampuan leadership.

“Mulai di tahun 2018 dicetuslah mahasiswa baru melalui Jalur Ketua OSIS. Kemudian di Pramuka juga berpikir. Dulu pernah IPB University menjadi tuan rumah kegiatan tanggap bencana yang dihadiri oleh kwartir nasional. Dari situ mulai terpikir untuk membuat Jalur Pramuka,” terangnya.



Akhirnya pada tahun 2019 rencana itu terealiasikan. Di tahun tersebut Kwartir Daerah Jawa Barat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) bersama IPB University yang menghasilkan Jalur Masuk IPB University melalui Pramuka khusus untuk Jawa Barat.

“Di tahun 2020 sebanyak 9 anggota Pramuka Jawa Barat diterima menjadi mahasiswa IPB University,” lanjut sosok yang aktif menjadi anggota Pramuka sejak tahun 1969 itu.

Dalam webinar ini juga terungkap persyaratan pendaftaran melalui jalur Pramuka. Yakni lulusan SMA peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan SMK Pertanian atau Kehutanan kelulusan tahun 2021. Memiliki rata-rata nilai Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi selama 5 semester sekurang-kurangnya 80.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)