Jadi PTN-BH, Mendikbud: UNS Harus Kembangkan Diri Ciptakan Lulusan Unggul

Jum'at, 12 Maret 2021 - 13:13 WIB
loading...
Jadi PTN-BH, Mendikbud: UNS Harus Kembangkan Diri  Ciptakan Lulusan Unggul
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim saat memberi sambutan di Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke 45 UNS. Foto/tangkapan layar Youtube
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret (UNS) merayakan Dies Natalis ke 45. UNS pun telah berhasil menyandang status baru sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Dengan status itu Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pun berharap UNS dapat terus mengembangkan diri.

Mendikbud mengatakan, semoga dengan menjadi PTN BH kampus yang berdomisili di Kota Solo ini akan terus mengembangkan diri untuk menghasilkan lulusan yang unggul. Lulusan yang siap memasuki dunia kerja, katanya, ataupun menciptakan lapangan pekerjaan dan lulusan yang memiliki karakter unggul sebagai insan Pancasila.



"Dirgahayu ke 45 tahun untuk Universitas Sebelas Maret. Teruslah maju membangun negeri," ucap Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke 45 UNS yang disiarkan daring, Jumat (12/3/2021).

ALumnus Harvard Business School ini menuturkan, peringatan Dies Natalis UNS ke 45 tahun ini tentu sangat istimewa. Karena menandai lembaran baru UNS sebagai PTN BH yang disahkan 6 Oktobrer 2020 lalu. Status itu, ujarnya, disahkan melalui PP No 56/2020.

"Pemberian status badan hukum merupakan amanah yang diberikan kepada UNS untuk mengelola perguruan tinggi secara lebih otonom, fleksibel dan adaptif dalam menghadapi perubahan dan tantangan global," ujarnya.



Mantan petinggi Gojek ini menuturkan, dari Kota Solo UNS senantiasa terus bersinar ke panggung dunia melalui pengembangan ilmu pengetahuan seni dan teknologi. Hal tersebut dibuktikan UNS dalam sejumlah prestasi yang dicapainya.

Antara lain pada 2020 UNS masuk dalam klaster 1 perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian di 2021 UNS menduduki rangking 8 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi 4ICU, rangking 10 perguruan tinggi terbaik versi Webometrics dan rangking 1990 kampus dunia.

Nadiem mengatakan, UNS juga telah menyumbangkan berbagai inovasinya dibidang kesehatan. Seperti alat pelindung diri untuk operasi, ventilator, kursi roda elektrik, terapi plasmaferesis, multivitamin dan Curcuma Pro.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)