Kemendikbud Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Ini Pesan Mendikbud

Kamis, 25 Maret 2021 - 05:57 WIB
loading...
Kemendikbud Gelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional, Ini Pesan Mendikbud
Pusdiklat Pegawai Kemendikbud menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan 6 tahun 2021. Foto/BKHM Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Kemendikbud menggelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan 6. Pelatihan ini digelar untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan strategis pejabat eselon II di lingkungan Kemendikbud.

Pelatihan yang mengangkat tema “Membangun Kepemimpinan Strategis untuk Mewujudkan Layanan Pendidikan yang Unggul” ini, diselenggarakan agar SDM Kemendikbud lebih menguasai kompetensi kepemimpinan strategis.



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah membekali para pejabat pimpinan tinggi pratama dengan kompetensi Kepemimpinan Strategis.

“Pemimpin yang mampu memberikan arah dan inspirasi yang diperlukan dalam melaksanakan visi, misi organisasi, dan strategi untuk mencapai tujuan organisasi,” katanya pada pembukaan PKN Tingkat II Angkatan 6 tahun 2021 melalui siaran pers, Rabu (24/3).

Penyelenggaraan PKN Tingkat II bertujuan mengembangkan kompetensi peserta dalam rangka memenuhi standar kompetensi manajerial JPT Pratama. Kompetensi yang dikembangkan dalam PKN Tingkat II merupakan kompetensi kepemimpinan strategis, yaitu kompetensi manajerial peserta untuk menjamin akuntabilitas jabatan.



Mendikbud mengungkapkan, Indonesia sedang menghadapi tantangan Global Megatrends. Di mana, terjadi perubahan besar pada bidang ekonomi, sosial, politik, geostrategi dan teknologi yang akan berdampak terhadap kebutuhan dan struktur pasar energi global.

Indonesia harus menyiapkan berbagai langkah untuk mengantisipasi setiap perubahan, konvergensi teknologi, dan disrupsi digital yang dapat mengimbas pada banyak aspek kehidupan.

Oleh karena itu, Mendikbud berpesan agar para pemimpin strategis mampu mengantisipasi perubahan di lingkungan eksternal organisasi dan dapat mempengaruhi kinerja organisasinya dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)