Ornamen Header
UNS Ujicoba Kuliah Tatap Muka, Rektor: Saya Sudah Rindu Mahasiswa
UNS Ujicoba Kuliah Tatap Muka, Rektor: Saya Sudah Rindu Mahasiswa
Rektor UNS Surakarta Prof. Jamal Wiwoho meninjau langsung pelaksanaan uji coba PTM bagi mahasiswa di tiga fakultas, Rabu (7/4). Foto/UNS
JAKARTA - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Jamal Wiwoho meninjau langsung pelaksanaan uji coba Perkuliahan Tatap Muka (PTM) bagi mahasiswa angkatan 2020/ 2021 di tiga fakultas, Rabu (7/4/2021) pagi.

Fakultas yang dikunjungi Prof. Jamal adalah Fakultas Hukum (FH) UNS, Fakultas Kedokteran (FK) UNS, dan Fakultas Keolahragaan (FKOR) UNS. Ketiga fakultas tersebut mendapat kesempatan uji coba PTM di Minggu pertama bulan April ini.

Baca juga: Terdampak, UB Ajukan Kuota Gratis Kemendikbud untuk 51.000 Mahasiswa

Dengan didampingi Kepala UPT Hubungan Masyarakat dan Media UNS Dr. Deddy Whinata Kardiyanto, pertama-tama Prof. Jamal meninjau uji coba PTM di Gedung I FH UNS pada sesi pertama yang dimulai pukul 08.30 WIB.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Jamal memeriksa langsung penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) bagi mahasiswa dan dosen sebelum memasuki ruang perkuliahan dan selama menjalani PTM di dalam ruangan.



Mahasiswa yang hadir di FH UNS berjumlah 29 orang. Dari jumlah tersebut, kelas pertama berisikan 15 orang dan kelas kedua berisikan 14 orang. Mahasiswa yang hadir dalam uji coba PTM telah mendapatkan izin dari orang tua dan telah menjalani tes cepat antigen.

Baca juga: 8 Sekolah Kedinasan Pemerintah Mulai Dibuka Jumat Ini, Cek Syaratnya

“Pagi hari ini UNS mencoba untuk melakukan pembelajaran secara luring atau tatap muka. Kami mengambil kebijakan untuk membuka (red: uji coba PTM) dengan 2 hal, yaitu bersyarat dan bertahap,” ujarnya seperti dikutip dari laman resmi UNS di uns.ac.id, Rabu (7/4).

Sama dengan yang pernah ia katakan pada Februari lalu, pelaksanaan PTM harus dilakukan secara bersyarat dan bertahap. Bersyarat artinya harus mendapat izin dari Satgas Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, mendapat izin dari orangtua, dan mahasiswa telah dinyatakan negatif Covid-19 lewat tes cepat antigen atau tes usap.

Sedangkan, bertahap yang dimaksud Prof. Jamal adalah membagi sesi masuk PTM bagi mahasiswa. Untuk tahap uji coba ini, UNS hanya membuka kesempatan PTM bagi mahasiswa angkatan 2020/ 2021.



Baca juga: Pertama Masuk Sekolah Tatap Muka, Medina: Saya Senang Meski Canggung di Kelas

Jika dikemudian hari laju pertambahan kasus Covid-19 menurun dan laju vaksinasi meningkat, maka UNS akan merencanakan pembukaan PTM bagi mahasiswa semester atas.

“Kami juga meminta agar Prokes tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk. Kuliah juga diukur suhu tubuh. Semuanya dan di ruang-ruang kuliah sudah diatur jaraknya,” tambah Prof. Jamal.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!