Tim UNAIR Rancang Teknologi Hiperspektral untuk Tambak Udang Vanamei

Jum'at, 16 April 2021 - 22:52 WIB
loading...
Tim UNAIR Rancang Teknologi Hiperspektral untuk Tambak Udang Vanamei
Tim UNAIR mengembangkan teknologi hiperspektral untuk budidaya tambak udang vanamei. Foto/Dok/Humas UNAIR
A A A
JAKARTA -
Tim Universitas Airlangga (UNAIR) mengembangkan teknologi hiperspektral untuk budidaya tambak udang vanamei. Melalui teknologi ini maka akan membantu pengukuran kualitas air tambak yang selama ini dilakukan secara konvensional.

Andi Hamim Zaidan, M.Si, Ph.D, bersama tim Lembaga Ilmu Hayati Teknik dan Rekayasa (LIHTR) Universitas Airlangga mengembangkan teknik baru pengukuran kualitas air manfaatkan teknologi hiperspektral untuk budidaya tambak udang vanamei bekerja sama dengan PT. Surya Windu Kartika dari Banyuwangi.



“Kami menawarkan solusi yang lebih praktis dan jauh lebih mudah murah, juga lebih baik. Sehingga nanti, mereka (para petani tambak, Red) bisa melakukan praktis budidaya udang vanamei lebih baik. Teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas hasil panen persiklusnya,” katanya dikutip dari laman unair.ac.id, Jumat (16/4).

Dosen Fisika UNAIR ini menuturkan, dalam pengembangan teknologinya selain membuat sistem hiperspektral, juga memanfaatkan satelit milik Amerika dan Eropa, yakni LANDSAT dan SENTINEL. Satelit-satelit tersebut digunakan sebagai surveillance untuk melihat kondisi tambak dan sekitarnya.

Bahkan data perairan seluruh Indonesia 10 tahun terakhir telah dipetakan dan dianalisis, sambungnya. Data tersebut digunakan untuk mengetahui area perairan mana yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai tambak udang vannamei.



“Sehingga nanti kalau ada pengusaha untuk berminat membuka tambak baru, kita bisa memberikan data strategis lokasi-lokasi mana di Indonesia yang bisa dibuka untuk tambak udang vanamei,” tambahnya.

Zaidan mengungkapkan, dalam riset tersebut dikembangkan teknologi big data dan artificial intelligence. Sehingga data baik dari satelit maupun sistem hiperspektral yang dikembangkan dapat diolah dan bisa didapatkan data-data strategis sesuai dengan kebutuhan.

Dalam pengolahan data, untuk mendapatkan parameter yang dibutuhkan dipilih kombinasi panjang gelombang dari satelit dan sistem hiperspektral yang dikembangkan. Kemudian dibuat satu algoritma untuk mendapatkan parameter-parameter yang dibutuhkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8002 seconds (0.1#10.140)