Tingkatkan Kualitas, Beasiswa LPDP Juga Diberikan untuk Guru dan Dosen

Sabtu, 24 April 2021 - 14:20 WIB
loading...
Tingkatkan Kualitas, Beasiswa LPDP Juga Diberikan untuk Guru dan Dosen
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim pada peluncuran Merdeka Belajar episode ke 10: Perluasan Program Beasiswa LPDP. Foto/Neneng Zubaidah
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memperluas program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kali ini, beasiswa LPDP juga akan diberikan untuk guru dan dosen, baik itu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau program-program non-gelar.

"Faktor terpenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah guru dan tenaga pendidik. Ini salah satu alasan besarnya, kenapa menurut kami, LPDP harus juga fokus terhadap pendidikan si pendidik. Guru dan dosen," kata Mendikbud, pada peluncuran program Merdeka Belajar episode ke 10: Perluasan program Beasiswa LPDP secara daring, Kamis (22/4).



Terkait program untuk dosen, Nadiem mengatakan, Kemendikbud akan menyediakan beasiswa dosen untuk mencapai jenjang S-2 dan S-3. Dalam program ini, Kemendikbud akan memberikan beasiswa penuh bagi dosen akademik yang akan mengambil gelar doktor baik dalam negeri atau luar negeri.

"Kita juga akan memberikan beasiswa dosen-dosen kita untuk melakukan magang atau bekerja part time di perusahaan-perusahaan kelas dunia selama lebih dari satu semester," kata dia lagi.

Selain itu, Kemendikbud juga akan memberikan bantuan subsidi untuk dosen yang sedang menjalankan riset-riset keilmuan. Nadiem menegaskan, semua bentuk program yang diberikan untuk mahasiswa juga diberikan kepada dosen.



Sementara itu, untuk guru juga diberikan beasiswa serupa. Selain beasiswa penuh, Kemendikbud juga akan memberikan beasiswa LPDP untuk program-program non-gelar seperti sertifikasi guru.

Beasiswa S-2 dan S-3 di perguruan tinggi dalam negeri juga akan diberikan. "Jadi guru pun akan bisa menikmati beasiswa dari LPDP untuk menambah wawasan dan kompetensi mereka," kata Nadiem menjelaskan.

Bagi guru SMK juga akan mendapatkan bantuan dari program beasiswa LPDP. Guru-guru SMK akan didukung untuk mendapatkan pengalaman kerja di dalam perusahaan agar mereka mempunyai kompetensi praktik yang selaras dengan perubahan yang dilakukan di dunia industri.

Kemendikbud juga akan memberikan beasiswa S-1 untuk calon-calon guru SMK yang masih berkuliah. Bagi dosen vokasi juga akan diberi bantuan pendanaan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat non-gelar.

"Jadi dosen-dosen di perguruan tinggi vokasi kami juga akan memberikan beasiswa untuk magang di dalam industri. Yang non-degree juga akan kami dukung, program sertifikasi, magang, pelatihan dosen dan tenaga pendidik vokasi," ujar Nadiem.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3758 seconds (0.1#10.140)