Makara Art Center UI dan Kemenag Kolaborasi Gelar Festival Seni Ramadhan

Rabu, 28 April 2021 - 19:04 WIB
loading...
Makara Art Center UI dan Kemenag Kolaborasi Gelar Festival Seni Ramadhan
Makara Art Center UI berkolaborasi dengan Kemenag menggelar Festival Seni Ramadhan selama empat hari, dari 27 sampai 30 April 2021. Foto/UI
A A A
JAKARTA - Makara Art Center UI berkolaborasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Festival Seni Ramadhan selama empat hari, yakni dari 27 sampai 30 April 2021. Sejumlah pertunjukan yang ditampilkan di antaranya, shalawat, nasyid, seminar, bedah buku Pedoman Seni Islami dan berbagai macam lomba lainnya.

Pada malam kedua ini, Festival Seni Ramadhan yang dimulai pukul 20.00 WIB di Makara Art Center UI akan menampilkan pertarungan nasyid dari berbagai genre. Beberapa grup Nasyid yang akan melakukan pertunjukan pada malam ini adalah Nasyd Aleeya, Hro, Suby You, Izzatul Islam, Snada, dan lain-lain.



Mereka akan adu kebolehan untuk membawakan nasyid dengan genre rap, regge, blues, balad. Pertarungan ini akan dipimpin oleh Agus Edwar yang akan menjadi pengatur ritme pertarungan dengan membawakan berbagai narasi tentang sejarah perjalanan nasyid di Indonnesia.

Ketua Panitia Festival Seni Ramadhan, yang juga menjabat Kasubdit Seni Budaya Islam Kementerian Agama, Sayyid Alwi, mengatakan, Acara “Batle Nasyid” yang akan digelar malam ini merupakan rangkaian dari event Festival Seni Ramadhan yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama bekerja sama dengan Universitas Indonesa.

"Selain “Batle Nasyid” dalam event ini juga ditampilkan beberapa jenis kesenian," kata Sayyid Alwi dalam keterangan pers, Rabu (28/4/2021).



Malam sebelumnya, di panggung yang sama telah digelar “Lautan Shalawat” yang menampilakn Opick, Debu, Anisa Rahman dan Veve Zukfikar dengan tausiyah disamapikan oleh Kyai Abdullah Wong.

Kepala Makara Art Center UI Al-Zastrouw menuturkan, batle Nasid ini bukan untuk menentukan siapa yang akan jadi juara atau menentukan siapa yang terbaik. “Ini sekadar gimmick untuk membakar semangat generasi muda untuk bertarung menebar kebaikan dan membuat orang senang agar suasna Ramadhan menjadi syiar dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan,” kata Zastrouw Menjelaskan.

Menurutnya, selain pagelaran seni yang akan diselenggarakan selama empat hari, yakni dari 27 sampai 30 April, dalam festival Seni Ramadhan ini juga diselenggarakan seminar tentang Memperkuat Miderasi Melalui Seni Budaya, Melacak Jejak Kebudayan Melayu, bedah buku Pedoman Seni Islami dan berbagai macam lomba.

Di antaranya lomba Melukis design cover mushaf alquran, Lomba cipta lagu religi dan puisi religi, video pendek moderasi beragama, stand up comedi sufi dan lomba nasyid.

Al-Zastrouw menyebut, lomba ini diikuti oleh ribuan eserta dari seluruh pelosok Indonesia. Lomba dilakukan dengan metode hybrid (daring dan luring). Peserta mengirim karya melalui daring. Karya yang masuk akan diseleksi oleh dewan juri untuk ditentukan 6 finalis. Para finalis inilah yang dihadirkan ke Jakarta untuk melakukan pementasan di hadapan dewan juri.

Batle Nasyid malam ini dan seluruh rangkaian acara Festival Seni Ramadhan ini dapat disaksikan secara luring (langsung) oleh pengunjung terbatas dengan standar protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, event ini juga bisa disaksiskan secara daring melalui kanal youtube Makara Art Center UI, Bimas Islam Kemenag dan UITEVE.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2440 seconds (0.1#10.140)