Ornamen Header
3 Fakultas UNAIR Tempati 3 Besar versi Scimago Institutions Rankings
3 Fakultas UNAIR Tempati 3 Besar versi Scimago Institutions Rankings
Universitas Airlangga (UNAIR). Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - 3 fakultas Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil meraih posisi tiga besar di Indonesia. Capaian ini berdasarkan pemeringkatan Scimago Institutions Ranking (SIR) yang telah merilis daftar perguruan tinggi terbaik berdasarkan subjek keilmuan.

Ketiga fakultas tersebut adalah Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), dan Fakultas Psikologi (FPSi). Wakil Rektor Bidang Internasionalisasi, Digitalisasi dan Informasi Muhammad Miftahussurur, dr. M.Kes., Sp.PD, Ph.D, mengatakan, saat ini UNAIR memprioritaskan pemeringkatan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu Quacquarelli Symonds (QS) dan Times Higher Education (THE) World University Rankings .

Baca juga: Ini Syarat Ikut Program Transfer Kredit Internasional untuk Mahasiswa

Pihaknya bersyukur, meskipun pemeringkatan Scimago terhitung baru, namun tiga fakultas di UNAIR termasuk tiga besar di Indonesia.

“Alhamdulillah tiga fakultas di UNAIR memperoleh pemeringkatan yang cukup baik di Scimago. Tentunya hal ini bisa menjadi bekal bagi tiga fakultas tersebut dan juga memberi semangat pada fakultas-fakultas lain untuk memperoleh posisi yang lebih baik,” katanya dikutip dari laman UNAIR di unair.ac.id, Jumat (30/4).



Tahun ini merupakan kali pertama bagi SIR melakukan pemeringkatan. Miftah menandaskan, UNAIR akan tetap melakukan usaha yang terbaik pada seluruh pemeringkatan. “Kita akan tetap melakukan berbagai upaya agar dalam setiap pemeringkatan UNAIR menjadi yang terbaik,” tegasnya.

Baca juga: Jepang Berikan Beasiswa S1 dengan Fasilitas Bebas Biaya Kuliah dan Tunjangan, Tertarik?

Sementara itu, menanggapi capaian tersebut, Dekan FKG UNAIR Dr. Agung Sosiawan drg., M.Kes mengatakan bahwa FKG akan terus berupaya memperbaiki diri. Pasalnya, pemeringkatan tersebut membuatnya cukup mawas diri.

“Kami bangga sekaligus juga mawas diri. Sebagai Fakultas Kedokteran Gigi tertua di Indonesia, FKG UNAIR memiliki kewajiban untuk tetap menjaga marwah sebagai perguruan tinggi tertua di Indonesia. Kita perlu melakukan evaluasi terkait apa saja yang tentunya menjadi kekurangan kita,” terangnya.

Senada dengan Agung, Dekan Fakultas Psikologi UNAIR Prof Prof. Dr. Suryanto, M.Si., Psikolog menandaskan hal serupa. Namun pihaknya juga menekankan bahwa pemeringkatan adalah bonus dari kerja keras yang telah dilakukan fakultas dalam memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.



“Capaian ini bukan tujuan kita, namun hadiah atas kerja keras yang telah kita lakukan selama ini,” ucap Prof Sur.

Sebagai informasi, pada pemeringkatan yang dianjurkan oleh pemerintah yaitu QS World University Rankings, UNAIR masuk empat kampus terbaik di Indonesia. Empat kampus terbaik itu adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan UNAIR.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!