Ornamen Header
4 Jalur Prestasi UGM Dibuka, Simak Syarat-Syaratnya
4 Jalur Prestasi UGM Dibuka, Simak Syarat-Syaratnya
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui empat jalur prestasi. UGM menetapkan beberapa persyaratan bagi lulusan SMA dan sederajat yang ingin masuk melalui jalur prestasi ini.

Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih, menyampaikan beberapa ragam jalur prestasi itu yang pertama adalah jalur Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK). Melalui jalur ini UGM bermitra dengan banyak institusi baik institusi negeri maupun swasta.

Baca juga: Hardiknas 2021, Mendikbud Ristek Beberkan 4 Upaya Perbaikan Pendidikan Indonesia

Jalur kedua adalah Penelurusan Bibit Unggul Berprestasi atau PBUB. Jalur ini disebut unggul karena keilmuannya mengikuti beberapa olimpiade seperti olimpiade kimia, geografi, fisika, biologi dan lainnya.

Dalam PBUB ini juga ada Penelusuran Bidang Olahraga dan Seni (PBOS) yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi di bidang Olahraga dan Seni. Ketiga adalah jalur Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) dimana jalur ini sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung.



Sedangkan jalur terakhir adalah jalur Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan Sekolah Vokasi atau PBUSMAK.

Baca juga: Ini Kisah Mahasiswa Universitas Pertamina Hampir Putus Kuliah karena Pandemi

“Sampai saat ini kebijakannya setiap siswa-siswi hanya bisa mendaftar satu jenis jalur prestasi saja. Proses seleksinya bareng-bareng, jadi adik-adik diminta memilih salah satu saja, misal memilih PBUB, PBOS, atau PBUK saja,” katanya dikutip dari laman UGM di ugm.ac.id, Senin (3/5).

Peni menambahkan, untuk jalur prestasi terdapat persyaratan umum dan khusus. Persyaratan umumnya adalah jalur prestasi diperuntukkan untuk WNI sehingga khusus jalur ini tidak ada warga negara asing. Berikutnya secara umum adalah adik-adik yang berada di kelas 12, yaitu lulus pada tahun 2021, kecuali untuk yg bidang olahraga boleh lulusan tahun lalu.

Selain itu mempunyai nilai rapor dari semester 1-5 baik dari SMA, SMK, maupun madrasah. Untuk SMK program 4 tahun maka rapor yang diserahkan adalah dari semester 1-7. Nilai rapor tersebut harus di atas Kriteria Ketuntasan Minimal. Dan yang mengikuti jalur prestasi adalah 25 % terbaik di kelasnya.



“Selain itu, ada persyaratan khusus, misalnya dalam PBUTM terdapat syarat penghasilan orang tua adalah Rp4 juta/bulan dan orang tuanya paling tinggi lulus diploma dan S1. Ada beberapa syarat khusus di setiap jalurnya, sudah ditulis lengkap di um.ugm.ac.id,” tutur Peni.

Bagi yang mendaftar jalur prestasi, UGM berharap prestasi yang didapatkan paling rendah adalah juara 1 dan 2 di tingkat provinsi dan atau juara 1, 2, 3 tingkat nasional, maupun finalis tingkat internasional.

Lembaga yang melakukan kompetisi juga harus lembaga yang kredibel karena akan ditelusuri lebih lanjut. Dalam kompetisi grup, peserta yang bersangkutan juga harus menyertakan bahwa ia memang ikut dalam kejuaraan tersebut.

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi dapat diakses melalui website https://um.ugm.ac.id/, melalui hotline 0857-0955-9730, 0851-5635-8683 atau sosial media @admisiugm.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!