Ornamen Header
Begini Cara Daftar Beasiswa Kemendikbud untuk Kuliah Jenjang S1, S2 dan S3
Begini Cara Daftar Beasiswa Kemendikbud untuk Kuliah Jenjang S1, S2 dan S3
Kemendikbudristek menyediakan program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Program beasiswa ini untuk jenjang S1, S2 dan S3 serta non gelar. Foto/Kemendikbud
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) menyediakan program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI). Program beasiswa ini untuk jenjang S1, S2 dan S3 serta non gelar.

Dikutip dari instagram resmi Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di @puslapdik_dikbud, Rabu (5/5) dijelaskan mengenai langkah-langkah pendaftaran beasiswa tersebut.

Baca juga: Jepang Berikan Beasiswa S1 dengan Fasilitas Bebas Biaya Kuliah dan Tunjangan, Tertarik?

1. Kunjungi website beasiswa.kemdikbud.go.id
2. Pilih jenjang beasiswa yang ada di halaman website kemudian pilih Daftar
3. Pilih Daftar Lagi untuk membuat akun (bagi yang belum memiliki akun)
4. Silakan lengkapi data di formulir pendaftaran (pastikan saudara mengisi email yang aktif dan melengkapi data dengan benar)
5. Jika sudah melengkapi formulir pendaftaran akun silakan pilih Daftar
6. Akun akan diverifikasi melalui email saudara yang diisi saat melakukan pendaftaran akun
7. Silakan cek email saudara untuk melakukan verifikasi akun. Jika aktivasi berhasil saudara akan menerima pesan melalui email
8. Jika berhasil diaktivasi silakan kembali ke website beasiswa.kemdikbud.go.id kemudian pilih Masuk untuk pendaftaran peserta beasiswa
9. Pastikan saudara telah menyiapkan dokumen persyaratan yang telah ditetapkan
10. Silakan lengkapi data di formulir registrasi, biodata dan mengunggah dokumen persyaratan. Pastikan ukuran file dokumen tidak lebih dari 2 Mb untuk masing-masing dokumen dan memastikan data yang telah saudara isi sudah benar
11. Jika saudara telah melengkapi formulir silakan Submit Data
12. Jika telah submit data, saudara akan diarahkan untuk mencetak kartu.



Baca juga: 4 Jalur Prestasi UGM Dibuka, Simak Syarat-Syaratnya

Setelah itu silahkan tunggu informasi pengumuman di website beasiswa.kemdikbud.go.id . Jika ada kendala pendaftaran silakan kunjungi helpdesk-beasiswa.kemdikbud.go.id.

Dilansir dari laman beasiswa.kemdikbud.go.id , program beasiswa Pemerintah Indonesia ini berdasarkan amanat Dewan Penyantun LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dilaksanakan oleh Kemdikbud melalui Puslapdik dan/unit-unit utama di lingkungan Kemdikbud yang didanai oleh LPDP.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia yang mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain itu juga mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang ada di LPDP melalui pemberian beasiswa bergelar (degree) untuk jenjang pendidikan S1, S2 dan S3, dan non-gelar (non-degree) bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan di perguruan tinggi terbaik di dalam negeri atau di luar negeri.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!