ITS Buka Jalur Pendaftaran Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi

Senin, 10 Mei 2021 - 10:32 WIB
loading...
ITS Buka Jalur Pendaftaran Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi
Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng saat pembukaan dan pemaparan sosialisasi Seleksi Kemitraan Mandiri dan Prestasi (SKMP) 2021 di ITS. Foto/Dok ITS
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tidak hanya menerima pendaftaran mahasiswa baru melalui SNMPTN dan SBMPTN melainkan ada satu jalur terakhir yang dibuka yakni jalur Seleksi Kemitraan, Mandiri dan Prestasi (SKMP) untuk program sarjana dan sarjana terapan (vokasi).

Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah, saat ini ITS menyediakan 79 program studi (prodi) dalam berbagai jenjang dengan penambahan dua prodi baru, yaitu Teknik Lepas Pantai dan Teknik Pangan.



Terdapat 16 prodi program doktoral, 21 prodi program magister, 34 prodi program sarjana, serta delapan prodi program vokasi dengan 39 departemen yang terbagi dalam tujuh fakultas yang siap menerima calon mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022.

Terkait jalur masuknya, saat ini ITS bersiap untuk membuka jalur terakhir yakni SKMP yang ditujukan untuk memberi kesempatan pada para siswa yang masih memiliki nilai UTBK rendah atau gagal masuk ITS lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Mereka masih bisa masuk ITS melalui program SKMP ini dengan cara mengikuti ujian tulis Tes Kemampuan Akademik (TKA) ITS yang dilakukan secara daring atau tetap menggunakan nilai UTBK yang sudah didapat.



“Seleksi ini (SKMP, red) dapat diikuti oleh siswa dari lulusan SMA, SMK, maupun MA dengan mengikuti seleksi UTBK atau TKA ITS, menyertakan nilai rapor, dan deskripsi diri serta portofolio untuk prodi tertentu,” katanya dikutip dari laman resmi ITS di its.ac.id, Senin (10/5).

Untuk tahun ini, lanjutnya, jalur yang sebelumnya hanya SKM diperbarui dengan penambahan jalur prestasi menjadi SKMP untuk calon mahasiswa baru. Jalur prestasi ini berguna untuk menjaring para siswa yang mempunyai prestasi akademik dan nonakademik, baik tingkat internasional, nasional, dan provinsi.

Prestasi yang didaftarkan bisa berupa olahraga, olimpiade sains, karya tulis ilmiah, seni, organisasi (ketua OSIS), dan hafidz dengan melampirkan sertifikat yang mendukung prestasi tersebut. Prestasi yang diperoleh minimal harus didapatkan semasa masih di jenjang pendidikan SMA atau sederajatnya.

Lebih lanjut, untuk jalur prestasi ini, ITS siap mewadahi siswa berprestasi yang akan diakomodasi dengan keistimewaan khusus. Yaitu, untuk mahasiswa khusus jalur prestasi ini hanya perlu membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) tanpa perlu membayar biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

“Sistem SKMP akan mewadahi dengan penuh agar mahasiswa dapat menuntut ilmu sesuai hasil yang telah diujikan,” ujar dosen Teknik Kimia ini. Untuk pendaftaran jalur SKMP akan dibuka mulai tanggal 9 Mei sampai 17 Juni 2021.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6501 seconds (0.1#10.140)