Mahasiswa ITS Buat Aplikasi untuk Tingkatkan Kualitas Pertanian Garam

Kamis, 27 Mei 2021 - 22:17 WIB
loading...
Mahasiswa ITS Buat Aplikasi untuk Tingkatkan Kualitas Pertanian Garam
(dari kiri) Nur Muhammad ‘Ainul Yaqin, Barhan Akmal Falahudin, Abd Wahid, anggota tim Garamin saat memenangkan Juara 3 pada ajang Hackathon Maritim 2021. Foto/Dok ITS
A A A
JAKARTA - Tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengembangkan aplikasi e-koperasi untuk membantu petani garam. Aplikasi ini diberi nama Garamin.

Ide kreatif ini dikembangkan oleh tiga mahasiswa Departemen Teknik Informatika ITS, yakni Barhan Akmal Falahudin, Abd Wahid, dan Nur Muhammad ‘Ainul Yaqin. Gagasan ini berakar dari keresahan yang dihadapi agar dapat menfasilitasi para petani garam mengatasi kesulitan dalam hal distribusi.



“Tujuan fasilitasi ini dimaksudkan agar pemerintah dapat melakukan swasembada garam melalui produk garam lokal,” ungkap Ketua Tim Barhan Akmal Falahudin yang kerap disapa Akmal melalui siaran pers, Kamis (27/5).

Akmal mengatakan, fitur unggulan aplikasi ini antara lain manajemen koperasi, notifikasi mengenai iuran dan pengumuman kepada petani garam, hingga fitur edukasi untuk meningkatkan proses produksi garam. Desainnya juga mudah dipahami dan berukuran kecil.

Lebih lanjut dijelaskan, proses pengembangan aplikasi berlangsung selama sembilan hari, dimulai dengan riset terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di bidang maritim dan penentuan ide. Proses dilanjutkan dengan desain UI/UX, API Specification, hingga finalisasi aplikasi.



“Sebagai mahasiswa semester dua, salah satu kesulitan yang kami hadapi adalah cara untuk menyusun aplikasi secara matang,” akunya.

Terkait implementasinya, Akmal menyebutkan terdapat dua user sasaran, yaitu pengurus dan anggota koperasi. Pengurus dapat menambahkan pemasukan dan pengeluaran, memberikan pengumuman dan notifikasi pembayaran iuran pada anggota, serta mengunggah materi edukasi.

Sedangkan di sisi anggota, mereka dapat memantau keuangan koperasi, mendapatkan pengumuman dan edukasi, serta notifikasi pembayaran iuran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5536 seconds (0.1#10.140)