Ini Beda Jalur Masuk Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Vokasi

Senin, 07 Juni 2021 - 18:36 WIB
loading...
Ini Beda Jalur Masuk Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Vokasi
Mahasiswa. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada beragam jenis jenis jalur masuk bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di program pendidikan sarjana ataupun yang ingin menempuh pendidikan tinggi di program vokasi. Simak apa saja jalur yang dibuka melalui penjelasan di bawah ini.

Dikutip dari instagram Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Senin (7/6), berdasarkan UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, program pendidikan di pendidikan tinggi mencakup pendidikan akademik (sarjana, magister, dan doktor), pendidikan profesi/spesialis dan pendidikan vokasi (diploma, sarjana terapan, dan magister terapan).



Nah untuk masuk ke pendidikan tinggi akademis ataupun vokasi, ada jalur masuk yang harus dilewati terlebih dahulu oleh para calon mahasiswa. Simak informasi perbedaan jalur masuk program sarjana dan vokasi di bawah ini:

A. Jalur Masuk Program Sarjana
Jalur masuk di program sarjana ini ada 3. Jalur tersebut antara lain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Mandiri.

1. Jalur SNMPTN
Jalur ini adalah jalur paling awal dari lainnya. Jalur SNMPTN merupakan jalur yang menggunakan nilai rapor dan siswa. Bisa dibilang ini adalah jalur prestasi.Jadi kalau sudah diterima melalui jalur ini, maka tidak perlu bingung untuk memikirkan untuk tes berikutnya.

2. Jalur SBMPTN
Jalur SBMPTN adalah ujian yang diadakan setelah jalur SNMPTN. Untuk mengikuti seleksi dijalur ini, wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nilai di UTBK ini nantinya akan digunakan untuk menentukan apakah layak masuk SBMPTN atau tidak

3. Jalur Mandiri
Berbeda dengan kedua jalur sebelumnya, jalur ini merupakan jalur terakhir dari rangkaian tes masuk perguruan tinggi. Jalur Mandiri biasanya diselenggarakan oleh pihak perguruan tinggi masing-masing. Namun tidak semua perguruan tinggi bisa menyelenggarakannya.



B. Jalur Masuk Program Vokasi
Berbeda dengan jalur masuk program sarjana, jalur masuk vokasi ini ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi pelaksana.

1. Jalur Masuk Prestasi
Ini adalah jalur seleksi menggunakan nilai rapor dan tidak ada tes tulis lagi. Di jalur ini calon mahasiswa perlu menyiapkan berkas berupa nilai rapor dan prestasi yang diikuti semasa sekolah.
Nantinya perguruan tinggi tersebut akan menyeleksi apakah lolos atau tidak dalam seleksi tersebut.

2. Jalur Masuk Ujian Tulis
Jalur masuk ujian tulis biasanya diadakan oleh perguruan tinggi melalui beberapa gelombang masuk. Di jalur ini siswa akan mengikuti berbagai macam tes tulis seperti uji kemampuan sainstek dan soshum.
Sekarang ini sudah ada jalur masuk melalui tes yang diadakan oleh perguruan tinggi se Indonesia. Jadi sistem tesnya seperti SBMPTN. Pada jalur masuk ini yang biasa mengadakan adalah Poltek dan Poltekkes se Indonesia.

3. Jalur Masuk Beasiswa
Jalur ini biasanya dikhususkan kepada siswa yang kurang mampu atau siswa yang memiliki prestasi tertentu.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1629 seconds (0.1#10.140)