UPH-Kemenko Perekonomian Sinergi Kembangkan Kapasitas SDM dan Magang Mahasiswa

Selasa, 08 Juni 2021 - 18:54 WIB
loading...
UPH-Kemenko Perekonomian Sinergi Kembangkan Kapasitas SDM dan Magang Mahasiswa
Kemenko Perekonomian resmi menandatangani perjanjian kerja sama dengan UPH untuk meningkatkan hubungan kelembagaan. Foto/Dok/Humas UPH
A A A
JAKARTA - Universitas Pelita Harapan (UPH) dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ( Kemenko Perekonomian ) menjalin kerja sama hubungan kelembagaan antara pemerintah dengan dunia akademik yang saling memberikan manfaat.

Kerja sama tersebut meliputi pendirian Pusat Studi Group of Twenty (G20), penyelenggaraan program magang bagi mahasiswa UPH serta pengembangan kapasitas sumber daya manusia para pihak terkait substansi kerja sama ekonomi internasional.



Kerja sama tersebut langsung dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Kabinet Indonesia Maju, Dr. (H.C) Ir. Airlangga Hartanto dan Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional dan Rektor UPH, Dr. Ir. Rizal Affandi Lukman, M.A.

Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian, selaku Ketua Sekretariat Bidang Sherpa dan Finance Track, Susiwijono Moegiarso, mengatakan, kerja sama ini dilakukan sebagai bagian persiapan Panitia Nasional G20. Hal tersebut sesuai Keppres No. 12 Tahun 2021 tanggal 27 Mei 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia, yang menyebutkan bahwa Panitia Nasional G20 dapat melakukan kerja sama dengan para pihak yang dapat mendukung suksesnya pelaksanaan acara tersebut.

“Harapan kami tentunya dengan pembentukan Pusat Studi G20 dengan pihak akademik, dapat membantu Panitia Nasional G20 antara lain dalam riset/penelitian, inovasi dan penyediaan pakar untuk Presidensi G20, diharapkan dapat mendukung kesuksesan pelaksanaan Presidensi G20 tahun 2022 mendatang,” jelas Susiwijono Moegiarso dalam keterangan pers, Senin (7/6/2021).



Menurutnya, kerja sama dengan Universitas Pelita Harapan didasari antara lain adanya ketersediaan dan keunggulan sumber daya akademik dan keinginan untuk memperdalam isu-isu ekonomi internasional, terutama yang terkait G20. Harapannya, kerja sama dengan Universitas Pelita Harapan adalah pionir untuk membuka peluang bagi perguruan tinggi lainnya dalam melaksanakan kerja sama serupa.

"Bagi mahasiswa UPH yang melakukan program magang, kerja sama ini tentunya menjadi momen pembelajaran yang dapat menjadi bekal mereka di masa depan,” Katanya sesuai arahan Airlangga dalam pidatonya.

Rektor UPH, Dr. (H.C) Jonathan L. Parapak, menyambut gembira atas diadakannya perjanjian kerja sama ini karena memberikan kontribusi produktif kepada komunitas akademis dan semua yang berkepentingan untuk meningkatkan kerja sama multilateral.
“Tentunya saya sangat berterima kasih UPH diberi kesempatan mendukung pemerintah dalam persiapan acara yang sangat penting ini. UPH akan berusaha maksimal untuk mensukseskan program ini. Kerja sama ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk memperkaya proses pendidikan di UPH,” ujar Jonathan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2387 seconds (0.1#10.140)