Ornamen Header
Diburu Milenial, Ini Peluang Karir Jurusan Teknik Informatika
Diburu Milenial, Ini Peluang Karir Jurusan Teknik Informatika
Jurusan favorit mahasiswa baru, teknik informatika memiliki prospek karir yang menjanjikan di masa depan. Foto/Dok/SINDOnews
JAKARTA - Prodi atau jurusan teknik informatika hampir bisa dipastikan ada di setiap kampus. Hal ini dilatarbelakangi jurusan ini menjadi salah satu tujuan favorit mahasiswa baru. Dengan perkembangan teknologi digital dewasa ini jurusan teknik informatika akan memiliki prospek karir yang menjanjikan di masa depan.

Dikutip dari instagram Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Kamis (10/6), peluang karir jurusan teknik informatika masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan. Apalagi sekarang semua sudah terhubung dengan komputer dan internet.

Bagi pelajar yang saat ini masih duduk di bangku kelas XII SMK dan nanti ingin kuliah di prodi teknik informatika, tidak ada salahnya mengetahui informasi dan prospek karir lulusan prodi ini.

Baca juga: Ini 3 PTS yang Masuk Daftar Kampus Terbaik versi QS WUR 2022



1. Admin Database
Ketika lulus dari prodi teknik informatika, lulusannya bisa menjadi seorang admin database. Tugasnya adalah mengurusi perawatan dan pengembangan database atau basis data.
Sehingga data-data yang ada pada sebuah instansi atau perusahaan dapat dirancang dan dirawat dengan baik, teratur dan mudah diakses.
Tugas lainnya yaitu mengatur hak akses setiap pengguna. Jadi bisa dikatakan tanggung jawab admin database cukup besar karena harus menjaga data dari pencurian pihak tidak bertanggung jawab.

2. Analis Sistem Komputer
Tugas analis sistem komputer ialah menganalisa sistem yang akan digunakan suatu perusahaan. Nantinya seorang analis sistem komputer akan memeriksa sistem atau model bisnis dalam suatu proyek.
Disitu tugasnya menganalisa kebutuhan sistem itu, melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan atau mengatur juga mengujinya.
Jika tertarik terjun di bidang ini maka harus menguasai juga ilmu komputer dan elektronik, matematika, bahasa Inggris dan punya ketelitian tinggi.

Baca juga: Ini 16 Universitas Terbaik di Indonesia versi QS WUR 2022, UGM Masih Kokoh

3. Growth Hacker
Istilah ini berarti peretas pertumbuhan. Orang-orang ini ahli dalam memakai teknik SEO, pemasaran konten, analis situs dan melakukan testing.
Dalam dunia internet marketing, seorang Growth Hackers sangat dibutuhkan. Sebab tanpa adanya mereka website sebuah perusahaan startup tidak akan dikenal luas.
Orang ini juga harus bisa menemukan strategi bagus dan efektif untuk pemasaran bisnis startup. Contohnya dengan pemasaran lewat media massa, atau media sosial yang banyak followers.

4. Programmer
Di era digital ini, programmer akan paling banyak dicari di industri kerja. Karena orang ini harus mampu membuat berbagai program komputer, aplikasi dan website.
Paling penting seorang programmer harus menguasai bahasa pemrograman. Sebab tanpa menguasai bahasa pemrograman maka orang itu tidak akan pernah bisa membuat sebuah program yang berguna bagi banyak orang.

5. Konsultan IT
Tugasnya adalah menerapkan teknologi informasi dalam bisnis serta memberi saran atau konsultasi pada klien untuk mencapai suatu tujuan atau target tertentu.
Konsultan IT juga harus berpikir kritis serta memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk memahami masalah dan membuat solusinya agar tidak merugikan banyak pihak.



6. Tenaga Pengajar IT
Jika sudah mahir dan memahami lebih dalam ilmu yang diperoleh di kampus, maka tidak salah jika menjadi tenaga pengajar di bidang IT. Baik itu dosen di perguruan tinggi ataupun guru di sekolah untuk bisa menularkan ilmu-ilmu kepada mahasiswa atau murid. Profesi ini cocok karena memang kebutuhan IT di masa depan akan terus berkembang.

7. Software Engineer
Tugas dari pekerjaan ini untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip software engineering seperti ilmu komputer, teknik informatika, analis matematika dalam desain,, pengembangan, pemeliharaan, pengujian dan evaluasi dari software komputer atau device lain.
Adapun jenis-jenis software yang dibuat software engineer antara lain sistem operasi, network distribution serta software untuk compiler yang mengkonversi program untuk eksekusi pada komputer.
(mpw)
TULIS KOMENTAR ANDA!