Tak Lolos SBMPTN, Undip Masih Buka Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri

Rabu, 16 Juni 2021 - 15:22 WIB
loading...
Tak Lolos SBMPTN, Undip Masih Buka Pendaftaran Jalur Ujian Mandiri
Universitas Diponegoro (Undip). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengumuman lolos SBMPTN 2021 baru saja diumumkan hari Senin (14/6). Bagi yang lolos, Universitas Diponegoro (Undip) mengucapkan selamat. Namun bagi yang belum lolos,masih ada kesempatan melalui jalur Ujian Mandiri (UM).

Selasa (15/6) dilaksanakan trial atau uji coba Ujian Mandiri (UM) tahun 2021 yang akan ditutup pendaftarannya pada tanggal 17 Juni 2021 mendatang. Jumlah peserta sementara yang terdaftar sampai dengan tanggal 15 Juni 2021 mencapai sekitar 17 ribu peserta.

Baca juga: Ini Alasan Nadiem Makarim Ingin Sekat di Perguruan Tinggi Dihapus

“Terdapat perbedaan teknis dalam pelaksanaan Ujian Mandiri (UM) Undip tahun 2020 dengan UM Undip tahun 2021. UM Undip tahun 2020 menggunakan seleksi raport serta portofolio, sedangkan pada tahun 2021 ini ditambah dengan tes tertulis berbasis komputer yang dikerjakan dari rumah masing-masing”, jelas Ketua LP2MP Undip Dr. Ir. Setia Budi Sasongko, DEA dilansir dari laman Undip di undip.ac.id, Rabu (16/6)

Lebih lanjut, ia menerangkan, walaupun dikerjakan dari rumah masing-masing, namun tetap diadakan kontrol oleh pengawas ujian.

Peserta ujian diwajibkan menggunakan aplikasi Zoom dan menyalakan kamera di saat melakukan ujian. Upaya ini dilakukan untuk mengoptimalkan kejujuran dalam seleksi peserta calon mahasiswa.

Baca juga: Jangan Khawatir, IPB University Masih Buka Penerimaan Mahasiswa Jalur UTMBK

Sementara Ketua Pusat Admisi dan Promosi Pendidikan Dr. Bambang Cahyono, MS., menambahkan, materi yang diujikan pada UM Undip 2021 ini ada dua. Yakni, Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

TPS untuk mengukur kemampuan calon mahasiswa secara umum terdiri atas lima aspek yaitu kewarganegaraan, numerik, logika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Sedangkan TPA untuk mengukur hal-hal yang lebih khusus, TPA untuk SAINTEK terdiri atas mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi, dan Matematika serta TPA untuk SOSHUM terdiri atas mata pelajaran Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi.

Estimasi kuota yang akan diterima melalui jalur UM sebanyak 50% dari semua untuk jenjang S-1. Adapun jalur SNMPTN sebanyak 20%, dan jalur SBMPTN sebanyak 30%.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3500 seconds (10.101#12.26)