Borong Juara, ITS Harumkan Nama Bangsa di International Roboboat Competition

Selasa, 29 Juni 2021 - 00:30 WIB
loading...
Borong Juara, ITS Harumkan Nama Bangsa di International Roboboat Competition
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Prestasi membanggakan di kancah internasional kembali datang dari bidang robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Tim kapal robotika ITS yakni Tim Barunastra berhasil memborong juara di ajang International Roboboat Competition (IRC) 2021 yang diselenggarakan oleh RoboNation, lembaga yang berfokus pada pengembangan teknologi robotik dan berbasis di Amerika Serikat, yang digelar secara daring, Senin (28/6).

Mengusung Nala Poseidon, roboboat virtual tersebut berhasil membawa tim Barunastra ITS menuju kemenangan pada kompetisi yang diikuti 14 peserta dari enam negara di dunia.



Nala Poseidon berhasil membawa kembali juara dalam tiga kategori yang ada pada IRC 2021. Juara 1 pada kategori Skills Video (Hull Design), Juara 1 kategori Website, dan Juara 2 kategori Technical Design Report.

Staf Hubungan Masyarakat (Humas) Eksternal Barunastra ITS Marisa Prawoto menjelaskan, kategori lomba tersebut adalah tiga output final yang akhirnya akan dilombakan dengan 14 tim lainnya.

Ketiga output inilah yang kemudian akan menjelaskan kinerja kapal, desain yang digunakan, dan juga teknologi yang diimplementasikan. “Jadi output ini akan menjelaskan bagaimana ketiga hal itu bisa berpengaruh dan membantu kapal nanti ketika menjalankan misi,” katanya melalui siaran pers, Senin (28/6).



Marisa menambahkan, terdapat enam misi yang harus dijalankan oleh Nala Poseidon, yaitu Mandatory Navigation Channel, Speed Gate, Obstacle Channel, Obstacle Field, Acoustic Docking, dan Object Delivery.

Semua misi yang ada merupakan sebuah pemodelan dari masalah yang terjadi secara rutin pada industri maritim. “Melalui Technical Design Report dan Skills Video, Barunastra ITS menjelaskan strateginya dalam menjalankan misi yang ada,” tutur mahasiswi asal Jakarta ini.

Meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19 dan lomba yang diadakan secara daring, tidak menyurutkan semangat tim Barunastra dalam merancang Nala Poseidon. Pada perlombaan kali ini, para peserta tidak perlu membuat prototipe secara fisik, melainkan hanya sebuah desain kapal mutakhir untuk menjalankan misi yang ada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2300 seconds (0.1#10.140)