Penerimaan CPNS 2021 Ada Jalur Khusus Lulusan Cumlaude, Ini Syaratnya

Jum'at, 02 Juli 2021 - 16:42 WIB
loading...
Penerimaan CPNS 2021 Ada Jalur Khusus Lulusan Cumlaude, Ini Syaratnya
Pemerintah saat ini tengah membuka pendaftaran penerimaan CPNS sejak Rabu, 30 Juni sampai dengan 21 Juli mendatang. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah saat ini tengah membuka pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sejak Rabu, 30 Juni sampai dengan 21 Juli mendatang. Yang perlu diketahui adalah ada satu jalur penerimaan khusus bagi mahasiswa lulusan terbaik yakni formasi khusus Cumlaude .

Dikutip dari instagram Badan Kepegawaian Negara (BKN) di @bkngoidofficial, Jumat (2/7), BKN memberi informasi kepada para lulusan sarjana dengan pujian/cumlaude ada formasi khusus CPNS yang diperuntukkan bagi mereka.



Formasi khusus Cumlaude ini wajib dialokasikan instansi pusat paling sedikit 10% dari total alokasi kebutuhan PNS instansi tersebut. Formasi ini terbuka bagi mahasiswa terbaik yang lulus dari perguruan tinggi dalam negeri maupun kampus luar negeri.

Syarat Khusus Formasi Cumlaude

Pendidikan paling rendah sarjana. Tidak termasuk diploma empat.

a. Lulusan dari perguruan tinggi dalam negeri:
Berpredikat kelulusan dengan pujian/cumlaude dan berasal dari perguruan tinggi terakreditasi A/Unggul dan program studi terakreditasi A/Unggul pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah

b. Lulusan Dari Perguruan Tinggi Luar Negeri
Memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan pujian/cumlaude dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi.



Sebelumnya diberitakan, pendaftaran Seleksi CASN dibuka sejak 30 Juni hingga 21 Juli 2021 serentak untuk CPNS, PPPK Guru, dan PPPK Nonguru. Pendaftaran dilakukan pada Portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/ .

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyebut, sebanyak 570 instansi pemerintah turut berpartisipasi dalam perekrutan ini. 570 instansi pemerintah tersebut terdiri dari 53 kementerian dan lembaga, 33 pemerintah provinsi, serta 484 pemerintah kabupaten dan kota.

Pendaftaran dimulai dengan membuat akun:
1. Pelamar mengakses portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id
2. Buat Akun SSCASN
3. Login ke akun SSCASN yang telah dibuat
5. Lengkapi biodata dan unggah swafoto.

Tahapan selanjutnya adalah pelamar bisa melakukan pendaftaran formasi yang diminati. Dan terakhir akan ada proses seleksi administrasi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3636 seconds (0.1#10.140)