Tim Mahasiswa UI Raih Juara 3 pada Lomba Analisis Geoteknik

Selasa, 06 Juli 2021 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Sedangkan Fajar menjelaskan, berdasarkan ketiga acceptance criteria tersebut, mereka mendesain fondasi dengan dimensi elevasi ujung tiang berada di 33.5 meter di bawah permukaan tanah, tebal raft sebesar 2 meter dan tiang pancang sepanjang 15.5 meter. Tiang pancang yang digunakan berdiameter 1 meter dengan jarak antara tiang sebesar 8 meter.

“Ini sesuai dengan batas minimal yang digunakan untuk jarak antartiang berdasarkan SNI, yaitu tiga kali diameter tiang. Perhitungan ini berarti jarak minimal yang kami gunakan adalah tiga meter. Konfigurasi fondasi 3x10 dengan total tiang sebanyak 30 Bor,” ujar Fajar menjelaskan terkait desain fondasi raft pile dari timnya.

Guru Besar FTUI di bidang geoteknik, fondasi, soil-structure interaction, gempa, dan liquifaksi Prof. Ir. Widjojo Adi Prakoso berharap, inovasi mahasiswa ini dapat diimplementasikan pada berbagai proyek pembangunan yang saat ini gencar dilaksanakan, baik oleh pemerintah maupun industri swasta di berbagai penjuru negeri.

“Teknologi dan pemecahan masalah karya anak bangsa perlu mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari semua pihak untuk dapat terus dikembangkan agar memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3664 seconds (0.1#10.140)